LAPORAN BUKU - ISMAH IFADOH APRILIA
MIND MAP Model Pembelajaran Modern
Model Pembelajaran Modern
Dewasa
ini perkembangan model pembelajaran dari waktu ke waktu terus mengalami
perubahan. Cooperative Learning
merupakan sebuah buku yang diterbitkan dengan tujuan untuk memapakan sebuah
metode pembelajaran modern yang dapat digunakan oleh guru sebagai pengganti
metode pembelajaran tradisional. Buku berjudul Coopertive Learning dengan penulis Dr. H. Isjoni, M.Si merupakan
buku cetakan keempat – Agustus 2010. Penerbit dari buku ini adalah Alfabeta
yang beralamatkan di Jl. Gegerkalong Hilir Bandung. ISBN dari buku ini adalah
978-979-8433-29-0. Buku ini berhalaman 112.
Isi
dari buku Cooperative Learning ini
mengupas mulai dari pengertian Cooperative
Lerning hingga tes eksperimen Cooperative Learninng. Buku ini mengupas
bagiannya masing-masing dalam bab per bab. Ringkasan dari bab pertama yaitu Cooperative Learning merupakan strategi
belajar dengan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok kecil yang tingkat
kemampuannya berbeda. Ringkasan bab dua yaitu Cooperative Learning aadalah salah satu model pembelajaran yang
berpusat pada siswa, terutama untuk mengklasifikasikan siswa untuk dapat bekeja
sama dengan orang lain. Ringkasan bab tiga yaitu Tujuan cooperative learning yaitu: 1. hasil belajar akademik, 2.
penerimaan terhadap perbedaan individu, 3. pengembangan keterampilan sosial.
Ringkasan bab empat yaitu Teori-teori perkembangan kognitif berasaskan teori
Piaget dan Vygostky yang dikenal sebagai “Piaget Kontruktivism Kognitif” dan
“Vygotsky Kontruktivism Sosial”. Ringkasan bab lima yaitu Karakteristik
cooperative learninng yaitu: positive
independence, interaction face to face, tanggung jawab pribadi terhadap
kelompok, meningkatkan keterampilan kerja sama. Ringkasan bab enam yaitu
Model-model cooperative learning:
STAD, Jigsaw, group investigation, rotating
trio exchange. Ringkasan bab tujuh yaitu peran guru dalam cooperative learnig yaitu mengelola
lingkungan kelas. Contohnya: menyusun rencana pembeajaran, pengaturan kelas
saat pelaksanaan, membuat tugas untuk dikerjakan siswa. Ringkasan bab delapan
yaitu Langkah-langkah: merangcang rencana program pembelajaran, merancang
lembar observasi, mengarahkan dan membimbing siswa secara individu atau
kelompok, memberi kesempatan kepada siswa untuk presentasi. Ringkasan bab sembilan
yaitu Bagian umum dalam struktur cooperative:
saling ketergantungan yang positif, interaksi langsung, pertangguangjawaban
dari individu, membangun struktur pada diri sendiri dan keterampilan dalam
kelompok. Ringkasan bab sepuluh yaitu Cooperative
learning dapat membuat kemajuan besar para siswa ke arah pengembangan
sikap, nilai, dan tingkah laku yang memungkan dapat berpartisipasi sesuai
dengan tujuan pendidikan.
Isi
dari buku ini sudah sesuai dengan
judulnya, mengupas dengan lengkap Cooperative
Lerning. Penggunaan huruf dan tat letaknya membuat pembaca tidak cepat
bosan membaca buku ini. Namun dalam buku ini terlalu banyak membahas
teori-teori tanpa kesimpulan dari penulis. Sampul bukupun masih kurang sesuai
dengan isi buku. Penyusunan buku sudah sistematis, antar bab satu dengan yang
lai sudah berorganisasi. Bahasa yang digunakan dalam buku ini dapat dipahami
oleh pembaca, karena menggunakan bahasa formal. Namun masih ditemui teknk
penulisan yang tidak tepat. Buku Cooperative
Learning karya Dr. Isjoni, M.Si sebuah buku beisi metode pembelajaran
modern yang sangat baik digunakan oleh pendidik maupun calon pendidik. Buku ini
akan menjadi lebih baik jika penulis memberi kesimpulan setelah membahas
teori-teori atau setelah mengemukakan pendapat-pendapat dari para ahli.
2 komentar:
Rachma Putri Rahayu – 2115091874
Menurut saya, laporan buku yang saudara Ismah buat cukup baik. Hal tersebut terbukti dari isi laporan yang beliau tuliskan dengan jelas dan tidak bertele-tele. Sistematika penulisan juga baik, yaitu judul, pendahuluan, isi laporan, serta kesimpulan dan saran. Walaupun sebenarnya tidak ada aturan khusus yang perlu diikuti sebagai persyaratan formal dalam penulisan laporan buku.
Isi pengembangan juga sudah menyesuaikan dengan mind map yang telah dibuat. Saudara Ismah merinci bab per bab buku. Serta menulis esaikan identitias buku. Namun sayang, saudara Ismah terlalu banyak menggunakan frase ‘buku ini’.
Laporan buku yang penulis buat sudah cukup baik. Penulis membuat laporan tersebut sesuai dengan sisematika penulisan yaitu judul, pendahuluan, isi laporan dan kesimpulan serta saran.
Hubungan antara mind map dan pengembangan pun sudah sesuai dan saling berkaitan.
Ratih Sukmaning Tias-2115091883
Posting Komentar