Sabtu, 31 Desember 2011

LAPORAN BUKU - ISMAH IFADOH APRILIA

LAPORAN BUKU - ISMAH IFADOH APRILIA

MIND MAP Model Pembelajaran Modern





Model Pembelajaran Modern

Dewasa ini perkembangan model pembelajaran dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan. Cooperative Learning merupakan sebuah buku yang diterbitkan dengan tujuan untuk memapakan sebuah metode pembelajaran modern yang dapat digunakan oleh guru sebagai pengganti metode pembelajaran tradisional. Buku berjudul Coopertive Learning dengan penulis Dr. H. Isjoni, M.Si merupakan buku cetakan keempat – Agustus 2010. Penerbit dari buku ini adalah Alfabeta yang beralamatkan di Jl. Gegerkalong Hilir Bandung. ISBN dari buku ini adalah 978-979-8433-29-0. Buku ini berhalaman 112.
Isi dari buku Cooperative Learning ini mengupas mulai dari pengertian Cooperative Lerning hingga  tes eksperimen Cooperative Learninng. Buku ini mengupas bagiannya masing-masing dalam bab per bab. Ringkasan dari bab pertama yaitu Cooperative Learning merupakan strategi belajar dengan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok kecil yang tingkat kemampuannya berbeda. Ringkasan bab dua yaitu Cooperative Learning aadalah salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa, terutama untuk mengklasifikasikan siswa untuk dapat bekeja sama dengan orang lain. Ringkasan bab tiga yaitu Tujuan cooperative learning yaitu: 1. hasil belajar akademik, 2. penerimaan terhadap perbedaan individu, 3. pengembangan keterampilan sosial. Ringkasan bab empat yaitu Teori-teori perkembangan kognitif berasaskan teori Piaget dan Vygostky yang dikenal sebagai “Piaget Kontruktivism Kognitif” dan “Vygotsky Kontruktivism Sosial”. Ringkasan bab lima yaitu Karakteristik cooperative learninng yaitu: positive independence, interaction face to face, tanggung jawab pribadi terhadap kelompok, meningkatkan keterampilan kerja sama. Ringkasan bab enam yaitu Model-model cooperative learning: STAD, Jigsaw, group investigation, rotating trio exchange. Ringkasan bab tujuh yaitu peran guru dalam cooperative learnig yaitu mengelola lingkungan kelas. Contohnya: menyusun rencana pembeajaran, pengaturan kelas saat pelaksanaan, membuat tugas untuk dikerjakan siswa. Ringkasan bab delapan yaitu Langkah-langkah: merangcang rencana program pembelajaran, merancang lembar observasi, mengarahkan dan membimbing siswa secara individu atau kelompok, memberi kesempatan kepada siswa untuk presentasi. Ringkasan bab sembilan yaitu Bagian umum dalam struktur cooperative: saling ketergantungan yang positif, interaksi langsung, pertangguangjawaban dari individu, membangun struktur pada diri sendiri dan keterampilan dalam kelompok. Ringkasan bab sepuluh yaitu Cooperative learning dapat membuat kemajuan besar para siswa ke arah pengembangan sikap, nilai, dan tingkah laku yang memungkan dapat berpartisipasi sesuai dengan tujuan pendidikan.
Isi dari buku ini sudah sesuai dengan judulnya, mengupas dengan lengkap Cooperative Lerning. Penggunaan huruf dan tat letaknya membuat pembaca tidak cepat bosan membaca buku ini. Namun dalam buku ini terlalu banyak membahas teori-teori tanpa kesimpulan dari penulis. Sampul bukupun masih kurang sesuai dengan isi buku. Penyusunan buku sudah sistematis, antar bab satu dengan yang lai sudah berorganisasi. Bahasa yang digunakan dalam buku ini dapat dipahami oleh pembaca, karena menggunakan bahasa formal. Namun masih ditemui teknk penulisan yang tidak tepat. Buku Cooperative Learning karya Dr. Isjoni, M.Si sebuah buku beisi metode pembelajaran modern yang sangat baik digunakan oleh pendidik maupun calon pendidik. Buku ini akan menjadi lebih baik jika penulis memberi kesimpulan setelah membahas teori-teori atau setelah mengemukakan pendapat-pendapat dari para ahli.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Rachma Putri Rahayu – 2115091874
Menurut saya, laporan buku yang saudara Ismah buat cukup baik. Hal tersebut terbukti dari isi laporan yang beliau tuliskan dengan jelas dan tidak bertele-tele. Sistematika penulisan juga baik, yaitu judul, pendahuluan, isi laporan, serta kesimpulan dan saran. Walaupun sebenarnya tidak ada aturan khusus yang perlu diikuti sebagai persyaratan formal dalam penulisan laporan buku.
Isi pengembangan juga sudah menyesuaikan dengan mind map yang telah dibuat. Saudara Ismah merinci bab per bab buku. Serta menulis esaikan identitias buku. Namun sayang, saudara Ismah terlalu banyak menggunakan frase ‘buku ini’.

KEBULAN mengatakan...

Laporan buku yang penulis buat sudah cukup baik. Penulis membuat laporan tersebut sesuai dengan sisematika penulisan yaitu judul, pendahuluan, isi laporan dan kesimpulan serta saran.
Hubungan antara mind map dan pengembangan pun sudah sesuai dan saling berkaitan.

Ratih Sukmaning Tias-2115091883