1.2 Mind Map Laporan Buku
LAPORAN BUKU “EVALUASI PEMBELAJARAN
Karya Drs. Asep Jihad, M.Pd. dan Dr.
Abdul Haris, M.Sc.”
Ditulis
oleh: Siti Lutfiah
Evaluasi
pembelajaran merupakan tahapan penting dalam proses pembelajaran, yang dilakukan
semua jenjang pendidikan. Proses ini juga merupakan langkah strategis dalam
upaya meningkatkan output pembelajaran yang lebih terukur dan kompetitif. Karena
hal itulah, penulis membuat buku yang mengkhususkan pada evaluasi pembelajaran sehingga
dapat dipergunakan sebagai panduan, para guru dan praktisi pendidik lainnya.
Buku yang berjudul “Evaluasi Pembelajaran” ini, ditulis oleh Drs. Asep Jihad, M.Pd.
dan Dr. Abdul Haris, M.Sc. , diterbitkan tahun 2008 oleh penerbit Multi press
di Yogyakarta, dengan jumlah halaman sebanyak 196 halaman.
Dari
keseluruhan halaman tersebut, buku ini memuat konten isi yang begitu lengkap. Dengan
berbagai uraian mengenai evalusi pembelajaran
dalam mengembangkan kualitas pembelajaran. Buku ini terdiri dari 7 bab, pada bab 1 berisi mengenai pengertian,
ciri-ciri dari pembelajaran dan hasil belajar, kemudian pada bab 2 berisi mengenai
strategi, metode dan model pembelajaran, pada bab 3 berisi mengenai pengertian,
fungsi, tujuan, prinsip dan aspek penilaian, pada bab 4 berisi mengenai Jenis
instrumen, langkah-langkah penilaian serta penskoran, pada bab 5 berisi mengenai
penilaian kelas, pada bab 6 berisi mengenai penyusunan instrumen beserta teknik
penskorannya dan pada bab terakhir yaitu bab 7, berisi mengenai kriteria tes
yang baik.
Berdasarkan
keseluruhan isi pada setiap babnya, dibahas mengenai evaluasi secara lebih
mendalam yang dikaitkan dengan berbagai bidang keilmuan, sehingga buku ini tak
menjadi satu panduan khusus bagi satu bidang keilmuan saja. Tidak seperti
buku-buku sejenis yang banyak memberikan persfektif teoritis, buku ini
mengawinkan aspek-aspek konseptual dengan aspek-aspek aplikatif yang dekat
dengan realitas empiris proses evaluasi pembelajaran di lapangan sehingga
sangat mudah untuk mengaplikasikan dan mempraktekannya. Secara teknis,
penulisan buku ini sudah sangat baik, bahasanya pun tak rumit untuk dimengerti
hanya saja bentuk tulisan yang terlalu merapat membuat kita akan cepat lelah
membacanya. Diksi yang digunakan pun, sangat baik sesuai dengan EYD. Jadi
secara keseluruhan buku ini cukup bagus dijadikan pedoman bagi para guru maupun
calon guru. Meskipun dari segi teknis
penulisan buku ini masih belum baik, tapi dari segi konten isi, buku ini memuat
aplikasi-aplikasi yang mudah untuk dipraktekan.
|
2 komentar:
Laporan buku yang ditulis oleh Siti Lutfiah terdapat sedikit kekurangan. Pada bagian identitas buku, tidak dicantumkan tempat terbit. Pada bagian pokok, sudah bagus, minp map dan pengembangan sama, menjelaskan perbab. akan tetapi pada bagian kesimpulan ditulis, teknis buku sudah cukup baik, tetapi pada kalimat terakhir, ditulis bagian teknis buku kurang baik. Didalam kesimpulan juga tdak dipaparkan bagaimana pendekatan persalan yang digunakan didalam buku tersebut.
Gesa Nurdiyanti
2115091880
3b
Secara keseluruhan, pengembangan yang Siti buat cukup baik. Paragraf per paragraf saling berkohern, bahasanya mudah dimengerti, dan sesuai dengan perencanaannya (mind maping). Ya, ada ketidakkonsistenan dalam penulisan yang siti buat, di mana awal mulanya Siti mengatakan 'secara teknis penulisan buku ini sudah cukup baik' dan 'Meskipun dari segi teknis penulisan buku ini masih belum baik'. Untuk kedua hal itu, lebih baik jika dipaparkan kembali secara dalam agar pembaca dapatmengerti.
Posting Komentar