1.1 Mind Map Resensi
Tugas Perbaikan Resensi Buku Tes Bahasa Karya Soenardi Djiwandono
Test Bahasa untuk Guru bahasa
Oleh: Siti
Lutfiah
Test
bahasa adalah salah satu alat yang
digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap sesuatu yang bersifat abstrak,
tidak kasat mata, tidak kongkrit, seperti kemampuan berpikir, kemampuan
mengingat, serta 4 kemampuan berbahasa (Soenardi Djiwandono 2008: 15).
Tes
bahasa adalah sesuatu yang sangat penting bagi para guru bahasa, ini menjadi
acuan bagi Soenardi untuk mengupas masalah tes bahasa secara lebih mendalam dan
lebih khusus. Ia menulis buku ini dipicu oleh kesadaran, bahwa hingga dewasa
ini belum cukup tersedia pegangan tentang tes bahasa. Padahal tes bahasa
merupakan bagian penting dari
pembelajaran bahasa dan termasuk ke dalam kurikulum pembelajaran bahasa.
Penulis juga berharap pengetahuan mengenai
tes bahasa secara mendalam, dapat membantu tugas para pengajar. Terutama bagi
para pengajar bahasa , di berbagai jenjang pendidikan. Dengan adanya buku tes
bahasa ini, para pengajar bahasa dimudahkan dalam menyusun, menyelenggara, dan
memproses hasil tes.
Para pengajar dituntut untuk dapat
profesional. Hal tersebut berlaku pula bagi para pengajar bahasa.
Keprofesionalan seorang pengajar pada umumnya dapat dilihat dari penguasaan dan
kemahiran mereka dalam bidang kajian yang diajarkannya, serta keterampilan
dalam mempersiapkan, meramukan dan menyelenggarakan pembelajaran yang bermutu. Tidak
boleh ketinggalan kemahirannya dalam memproses hasil tes. Semua itu, amat perlu
dilengkapi dengan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan untuk dapat
memberikan penilaian secara adil, akurat, dan bertanggung jawab terhadap
tingkat pencapaian para pelajar di bawah tanggung jawabnya.
Maka untuk tercapainya tujuan dan
harapan-harapan tersebut dipaparkan dalam buku ini pada bab 1 dan 2, mengenai
landasan dan latar belakang penyelenggaraan tes bahasa dan berbagai pendekatan tes
bahasa. Pada bab-bab tersebut juga, disajikan beberapa cara memandang dan
memahami bahasa secara berbeda-beda. Semuanya disesuaikan dengan perkembangan
ilmu bahasa yang menjadi dasar dan latar belakang masing-masing pendekatan, serta
tes bahasa yang digunakan. Pada bab 3 dibahas secara rinci mengenai jenis tes
secara umum, sebagaimana dikenalkan dan digunakan dalam wacana-wacana yang
berkaitan dengan tes pada umumnya.
Pada bab 4 dibahas lebih khusus
mengenai jenis-jenis tes bahasa sedangkan ciri-ciri tes yang baik dibahas pada
bab 5 dengan beberapa poin mengenai hakekatnya, jenis dan cara verifikasinya
yang dapat diterapkan pada tes berbagai bidang kajian, termasuk tes bahasa. Bab
6 membahas mengenai penyusunan tes bahasa yakni berkaitan dengan penskoran.
Pada bab 7 dibahas mengenai analisis hasil tes yang berupa nilai, dan pada bab
terkhir yaitu bab 8, dibahas mengenai Interpretasi hasil tes. Dari 8 bab
tersebut penulis mengupas berbagai masalah yang ada kaitannya dengan tes bahasa
secara lebih mendalam. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan berbagai
contoh-contoh dan ulasan yang lebih lengkap termasuk rumus-rumus penghitungan
yang sering digunakan untuk mengungkap berbagai aspek dan ciri tes.
Pada konten inilah kiranya bisa
dibandingkan antara buku tes bahasa, Soenardi Djiwondono dengan buku humaniora
non fiksi sejenis lainnya seperti buku evaluasi pembelajaran karangan Asep
Jihad dan Abdul haris, yang terletak berbeda pada konten isi, yakni kekhususan
dan kerincian mengenai tes bahasa. Kekhususan buku tes bahasa ini, menjadi
alternatif bagi para pengajar maupun calon pengajar bahasa untuk mengelengkapi
pengetahuan dalam bidang tes bahasa. Buku
ini juga merupakan pengembangan dari buku “tes bahasa dalam pengajaran” oleh
penulis yang sama, diterbitkan ITB
Bandung pada tahun 1996.
Terdapat banyak keunggulan dari buku
tes bahasa hasil revisi ini dengan buku tes bahasa sebelumnya, karena buku tes
bahasa hasil revisi ini, memiliki cakupan yang lebih luas tentang tes pada
umumnya dan tes bahasa khususnya, sehingga selain dapat digunakan oleh para
pengajar bahasa, buku ini juga dapat digunakan oleh pengajar dari bidang ilmu
lain. Selain keunggulan-keunggulan yang telah disebutkan sebelumnya, buku ini
pun memiliki kekurangan dari segi teknik penulisan seperti : pada kepaduan
kalimat dan paragraf yang masih kurang koheren, kemudian pada kota tempat
penerbit pun tidak tercantum dalam buku ini. Tapi secara keseluruhan buku ini
sangat baik dimiliki oleh semua pengajar terutama pengajar bahasa dilihat dari
konten materi.
|
2 komentar:
resensi buku tes bahasa Siti Lutfiah sudah cukup baik. Mind Map dan pengembangan sudah sama, tidak ada yang berbeda. kalimat yang digunakanpun bervariasi. pada saat menjelaskan perbandingan dengan buku lain, sayangnya dijelaskan dengan sangat singkat sekali, sehingga tidak terlihat perbandingan yang signifikan.
Gesa Nurdiyanti
2115091880/3b
Pada pendahuluan yang Siti buat, sudah disertai oleh pendapat ahli sehingga tidak diragukan mengenai teori tersebut yang dihubungkan dengan penulisan resensi. Perencanaan yang dibuat sudah sesuai dengan pengembangannya. Keunggulan serta kelemahan dipaparkan dengan cukup baik dan objektif.
Sesuai dengan pendapat Gesa, sangat disayangkan bahwa penulsian resensi ini sangat singkat dan dirasa kurang 'gereget'.
Posting Komentar