Minggu, 01 Januari 2012

Resensi Buku Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa oleh Cahyo Baskoro



Memahami Tes Bahasa
Oleh Cahyo Baskoro

Judul                : Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar Bahasa
Penulis             : Prof. Dr. M. Soenardi Djiwandono
Penerbit           : PT Indeks
Cetakan           : I, 2008
Tebal               : xiv + 260 Halaman
ISBN                : 979-683-881-8


            Pada setiap pembelajaran, tentunya ada tujuan yang ingin dicapai melalui sebuah proses pembelajaran, dan salah satu dari pembelajaran itu adalah pembelajaran bahasa.  Dalam mencapai sebuah tujuan pastinya harus ada standar-standar yang harus dilalui terlebih dahulu, dan untuk memperoleh data yang pasti mengenai pencapaian sebuah pembelajaran tentunya diadakan sebuah tes sebagai sebuah evaluasi sampai sejauh mana tujuan itu dicapai dalam kurun waktu tertentu.
            Secara umum, evaluasi adalah serangkaian upaya untuk memperoleh suatu informasi proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengambil keputusan. Dalam proses pembelajaran, evaluasi merupakan suatu kegiatan untuk melakukan penilaian terhadap seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Penilaian biasanya memakai cara yang umum seperti observasi, wawancara, pengisian kuisioner dan tes.
            Sama seperti pembelajaran yang lain, terdapat tes bahasa dalam pembelajaran bahasa yang dimaksudkan sebagai prosedur yang digunakan untuk melakukan penilaian dan evaluasi terhadap kemampuan bahasa dengan melakukan pengukuran terhadap tingkat kemampuan bahasa seseorang. Maksud dari pengukuran ini tentunya untuk mengetahui tingkat kemampuan dalam penggunaan bahasa seseorang. Tetapi dalam pengukuran ini ada berbagai macam pendapat yang berkaitan tentang tes bahasa tersebut.
            Prof. Dr. M. Soenardi Djiwandono mengulas hal yang berkaitan dengan tes bahasa dengan sangat baik dan menarik. Tujuan beliau dalam menulis buku Tes Bahasa ini adalah timbulnya kesadaran bahwa hingga dewasa ini belum banyak tersedia buku pegangan tentang tes bahasa yang menjadi suatu bagian penting dari pembelajaran bahasa.
            Dengan dasar tujuan tersebut, buku ini mampu memberikan sumber yang baru dalam hal tes bahasa. Penulis juga menggambarkan dengan baik tentang landasan dan latar belakang dalam penyelenggaraan tes bahasa. Pada bab (1) Evaluasi Kemampuan Bahasa, yang mengetengahkan fungsi tes bahasa dalam penyelenggaraan pembelajaran bahasa pada umumnya. Dilanjutkan dengan bab (2) Pendekatan Tes Bahasa, yang menyajikan beberapa cara memandang dan memahami bahasa yang berbeda-beda, sesuai dengan perkembangan ilmu bahasa yang menjadi dasar dan latar belakang masing-masing pendekatan dalam penyelenggaraan pembelajaran bahasa, dan tes bahasa yang digunakan.
            Bagaimana tes bahasa dapat dibedakan satu dari lainnya, dikupas rinciannya bab (3) Jenis Tes Secara Umum, yang memabahas jenis dan ciri-ciri tes sebagaimana dikenal dan digunakan dalam wacana tentang tes pada umumnya. Kemudian disajikan pada bab (4) Jenis Tes Bahasa, yang membahas tes yang khusus hanya dikenal dan digunakan dalam pembelajaran bahasa. Pembahasan tentang tolak ukur mutu tes dikupas di bab (5) Ciri-ciri Tes yang Baik, dengan bahasan tentang hakekat, jenis, dan cara verifikasinya yang dapat diterapkan pada tes berbagai bidang kajian, termasuk tes bahasa.
            Penerapan berbagai pokok bahasan tentang seluk-beluk tes di Bab 1 sampai dengan bab 5 dilanjutkan dengan bab tentang penerapannya dalam merencanakan dan menyusun tes pada bab (6) Penyusunan Tes, lalu bagaimana skor yang diperoleh sebagai hasil penyelenggaraan tes yang telah disusun itu dibahas pada bab (7) Analisis Hasil Tes, sedangkan bagaimana hasil tes itu diinterpretasikan menjadi hasil akhir berupa nilai akhir, dikupas pada bab (8) Interpretasi Hasil Tes, yang merupakan bab terakhir dari buku ini.
            Dari ulasan ringkasan dan alasan pengarang menulis buku ini bahwa buku ini adalah buku pengayaan pengetahuan jenis IPS dan Humaniora. Ada banyak buku serupa dengan buku ini, salah satu dari buku yang ada di pasaran yaitu buku Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan karangan Suharsimi Arikunto. Perbandingannya, buku ini sama-sama membahas tentang evaluasi, namun cara pembahasan dan isi bahasannya memiliki banyak perbedaan.  Seperti contohnya materi yang disajikan. Buku karangan Suharsimi Arikunto membahas tes secara umum, sedangkan buku Tes Bahasa sendiri membahas tes lebih khusus, yaitu tes bahasa.
            Mengenai  evaluasi, buku ini membahas berbagai masalah yang berkaitan dengan tes bahasa secara lebih rinci dan mendalam. Selain itu buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh serta  ulasan yang lebih lengkap, tidak ketinggalan berbagai rumus-rumus penghitungan yang banyak digunakan untuk berbagai tes, khususnya tes bahasa. Kemudian bila dilihat secara keseluruhan, isi buku ini tentunya sangat membantu dalam memahami tes bahasa. Tetapi sayang, ada beberapa contoh yang kurang jelas dalam penyajiannya dan hanya berupa tabel atau bagan tanpa keterangan yang jelas dan rinci mengenai tabel dan bagan tersebut.
            Setelah membahas buku ini secara keseluruhan, dapat dinyatakan bahwa buku ini dapat dibaca oleh siapa saja. Terutama adalah pengajar di berbagai jenjang pendidikan, ini karena bahasan buku ini mengulas tentang tes bahasa, yang dibutuhkan pengajar dalam menambah referensi untuk kegiatannya dalam menilai dan mengukur kemampuan bahasa peserta didiknya. Tapi tak hanya bagi pengajar,  mahasiswa bidang pendidikan sekalipun juga memerlukan buku ini untuk bahan rujukan dan tambahan referensi  ketika menyusun tes bahasa.


Tidak ada komentar: