Memahami Strategi dan Teknik dalam
Pembelajaran Membaca
Oleh Cahyo Baskoro
2115091856
Membaca adalah salah satu dari empat
jenis keterampilan berbahasa selain menyimak atau mendengar, menulis, dan
berbicara. Ketika seorang anak yang
sudah menginjak usia empat atau lima tahun, para orang tua tentunya sudah
mencoba memperkenalkan anak mereka kepada tulisan yang nantinya akan dibaca
oleh anak tersebut setelah sebelumnya dicontohkan oleh orang tua kepada anak.
Tetapi sesungguhnya, membaca tidak hanya sekedar itu, membaca adalah sebuah
proses yang bisa dikembangkan dengan menggunakan teknik-teknik yang sesuai
dengan tujuan membaca tersebut.
Buku yang ditulis oleh Samsu
Somadoyo ini berjudul Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca, yang diterbitkan
oleh Graha Ilmu dengan ketebalan vii+75 halaman ini merupakan cetkan pertama di
tahun 2011. Penulis buku ini berpendapat
dalam kata pengantarnya, bahwa pembelajaran membaca di sekolah dasar cenderung
terfokus pada pengenalan lambang-lambang tulisan, tetapi kurang memperhatikan
pemahaman dan kecepatan membacanya. Berangkat dari keresahan ini pada akhirnya
penulis membuat sebuah buku yang berisi
tentang hal-hal yang berkaitan dengan strategi dan teknik pembelajaran mambaca. Dalam buku ini terdapat berbagai hal yang
terdapat seputar kegiatan membaca, mulai dari pengertian, manfaat, sampai
faktor penghambat dalam kegiatan membaca.
Samsu Somadoyo menyelsaikan
pendidikan S1 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas
Negeri Khairun Ternate pada Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Kemudian
menyelesaikan pendidikan S2 di Pascasarjana Universitas Negeri Malang tahun
2006-2008. Kariernya sebagai tenaga pengajar dimulai pada bulan Oktober tahun
204 sebagai dosen bahasa dan sastra Indonesia di Universitas Negeri Khairun
Ternate hingga sekarang. Pada bulan Juli 2010, penulis mendapat kesempatan
untuk mengikuti pendidikan Program Doktor dalam bidang pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia di Universitas Sebelas Maret.
Dalam buku ini terdapat banyak
pendapat para ahli mengenai membaca seperti Harjasujana, Nurhadi, Davies dan
masih banyak lagi pendapat dan teori dari para ahli yang terdapat dalam buku
ini. Ini menunjukkan bahwa dalam pembuatan buku ini, penulis membekali dirinya
dengan sumber data yang tidak sedikit, sehingga setelah data terkumpul dan
hendak disusun menjadi sebuah buku, teori yang sudah terkumpul tersebut menjadi
saling mendukung dan memperkuat teori yang lain, sehingga buku ini mempunyai
dasar keilmuan yang kuat.
Pada bab 1, penulis membahas tentang
manfaat, pengertian, dan tujuan membaca, selain itu juga ditulis proses membaca
pemahaman dan prinsip-prinsip membaca pemahaman. Selanjutnya pada bab 2
membahas jenis membaca pemahaman yang terdiri dari pemahaman literal, pemahaman
interpretasi, pemahaman kritis, dan pemahaman kreatif. Kemudian pada bab 3
terdapat factor-faktor yang memengaruhi proses membaca pemahaman. Pada bab
selanjutnya, yakni bab 4, pembahasan yang diangkat adalah pelaksanaan
pembelajaran membaca dan tahap-tahap pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman.
Bab 5 pada buku ini mengulas bahan tes membaca pemahaman yang terdiri dari
tingkat kesulitan wacana, isi wacana, panjang dan pendeknya wacana, dan
bentuk-bentuk wacana. Lanjut pke bab 6, kita akan menemukan pembahasan mengenai
teknik membaca skimming dan scanning, mulai dari pengertian, tujuan,
langkah-langkahnya, mengukur kecepatan dan mengukur kemampuan membaca dengan
teknik tersebut, dan standar kecepatan membaca. Bab 7 dalam buku ini menyajikan
factor penghambat membaca skimming dan scanning. Dan pada bab terakhir yakni
bab 8, terdapat sebuah pembahasan mengenai strategi meningkatkan pembelajaran
membaca dengan teknik skimming dan scanning.
Buku ini tebalnya memang tidak
sampai seratus halaman, tetapi kandungan dalam buku ini sangat padat dan
berisi, tetapi cara penyajiannya tidak terkesan berat, sehingga dalam memahami
buku ini tidak terlalu sulit. Penjelasan
mengenai isi dalam buku ini juga disajikan secara terang, tidak bertele-tele
dalam menyajikanya, tentunya ini menjadi keunggulan dalam buku ini, karena
memudahkan pembaca dalam menyerap isi kandungan buku ini.
Dari segi penampilan, buku ini
memang tidak terlalu tebal, sehingga mudah untuk dibawa dalam tas dan tidak
terlalu berat, tetapi dari segi tampilam pada cover buku ini terlihat kurang
menarik perhatian, pemilihan warna yang monoton cenderung membuat buku ini
terlihat membosankan, hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat dalam buku
ini terdapat informasi dan pengetahuan yang sayang untuk dilewatkan.
3 komentar:
Berdasarkan mind map yang dibuat oleh Cahyo Baskoro, sudah cukup sesuai dengan pengembangannya. Hal ini dilihat dari pendahuluan pada paragraf pertama yang menunjukkan latar belakang.
Pada paragraf ke 2, baskoro juga mencantumkan identitas buku.
Baskoro juga telah menulis isi buku dalam laporannya.
begitu juga dengan kelebihan buku.
secara keseluruhan, pengembangan laporan buku Baskoro cukup baik.
Umi C.
2115091854
3B
Pengembangan laporan buku Baskoro menarik untuk dibaca. Pengorganisasian penulisannya pun sesuai dengan tata cara pengorganisasian laporan buku.Antar parafraf saling berkoheren dan dalam menilai laporan buku, Baskoro cukup objektif.
Di dalam buku terdapat pembahasan tentang teknik reading quiz tidak?
Posting Komentar