Minggu, 01 Januari 2012

Laporan Buku Strategi dan Teknik Pembelajaran Bahasa oleh Cahyo Baskoro



Memahami Strategi dan Teknik dalam Pembelajaran Membaca
Oleh Cahyo Baskoro
2115091856
            Membaca adalah salah satu dari empat jenis keterampilan berbahasa selain menyimak atau mendengar, menulis, dan berbicara.  Ketika seorang anak yang sudah menginjak usia empat atau lima tahun, para orang tua tentunya sudah mencoba memperkenalkan anak mereka kepada tulisan yang nantinya akan dibaca oleh anak tersebut setelah sebelumnya dicontohkan oleh orang tua kepada anak. Tetapi sesungguhnya, membaca tidak hanya sekedar itu, membaca adalah sebuah proses yang bisa dikembangkan dengan menggunakan teknik-teknik yang sesuai dengan tujuan membaca tersebut.
            Buku yang ditulis oleh Samsu Somadoyo ini berjudul Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca, yang diterbitkan oleh Graha Ilmu dengan ketebalan vii+75 halaman ini merupakan cetkan pertama di tahun 2011.  Penulis buku ini berpendapat dalam kata pengantarnya, bahwa pembelajaran membaca di sekolah dasar cenderung terfokus pada pengenalan lambang-lambang tulisan, tetapi kurang memperhatikan pemahaman dan kecepatan membacanya. Berangkat dari keresahan ini pada akhirnya penulis membuat sebuah buku yang  berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan strategi dan teknik pembelajaran mambaca.  Dalam buku ini terdapat berbagai hal yang terdapat seputar kegiatan membaca, mulai dari pengertian, manfaat, sampai faktor penghambat dalam kegiatan membaca.
            Samsu Somadoyo menyelsaikan pendidikan S1 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Negeri Khairun Ternate pada Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Kemudian menyelesaikan pendidikan S2 di Pascasarjana Universitas Negeri Malang tahun 2006-2008. Kariernya sebagai tenaga pengajar dimulai pada bulan Oktober tahun 204 sebagai dosen bahasa dan sastra Indonesia di Universitas Negeri Khairun Ternate hingga sekarang. Pada bulan Juli 2010, penulis mendapat kesempatan untuk mengikuti pendidikan Program Doktor dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Sebelas Maret.
            Dalam buku ini terdapat banyak pendapat para ahli mengenai membaca seperti Harjasujana, Nurhadi, Davies dan masih banyak lagi pendapat dan teori dari para ahli yang terdapat dalam buku ini. Ini menunjukkan bahwa dalam pembuatan buku ini, penulis membekali dirinya dengan sumber data yang tidak sedikit, sehingga setelah data terkumpul dan hendak disusun menjadi sebuah buku, teori yang sudah terkumpul tersebut menjadi saling mendukung dan memperkuat teori yang lain, sehingga buku ini mempunyai dasar keilmuan yang kuat.
            Pada bab 1, penulis membahas tentang manfaat, pengertian, dan tujuan membaca, selain itu juga ditulis proses membaca pemahaman dan prinsip-prinsip membaca pemahaman. Selanjutnya pada bab 2 membahas jenis membaca pemahaman yang terdiri dari pemahaman literal, pemahaman interpretasi, pemahaman kritis, dan pemahaman kreatif. Kemudian pada bab 3 terdapat factor-faktor yang memengaruhi proses membaca pemahaman. Pada bab selanjutnya, yakni bab 4, pembahasan yang diangkat adalah pelaksanaan pembelajaran membaca dan tahap-tahap pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman. Bab 5 pada buku ini mengulas bahan tes membaca pemahaman yang terdiri dari tingkat kesulitan wacana, isi wacana, panjang dan pendeknya wacana, dan bentuk-bentuk wacana. Lanjut pke bab 6, kita akan menemukan pembahasan mengenai teknik membaca skimming dan scanning, mulai dari pengertian, tujuan, langkah-langkahnya, mengukur kecepatan dan mengukur kemampuan membaca dengan teknik tersebut, dan standar kecepatan membaca. Bab 7 dalam buku ini menyajikan factor penghambat membaca skimming dan scanning. Dan pada bab terakhir yakni bab 8, terdapat sebuah pembahasan mengenai strategi meningkatkan pembelajaran membaca dengan teknik skimming dan scanning.
            Buku ini tebalnya memang tidak sampai seratus halaman, tetapi kandungan dalam buku ini sangat padat dan berisi, tetapi cara penyajiannya tidak terkesan berat, sehingga dalam memahami buku ini tidak terlalu sulit.  Penjelasan mengenai isi dalam buku ini juga disajikan secara terang, tidak bertele-tele dalam menyajikanya, tentunya ini menjadi keunggulan dalam buku ini, karena memudahkan pembaca dalam menyerap isi kandungan buku ini.
            Dari segi penampilan, buku ini memang tidak terlalu tebal, sehingga mudah untuk dibawa dalam tas dan tidak terlalu berat, tetapi dari segi tampilam pada cover buku ini terlihat kurang menarik perhatian, pemilihan warna yang monoton cenderung membuat buku ini terlihat membosankan, hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat dalam buku ini terdapat informasi dan pengetahuan yang sayang untuk dilewatkan.


3 komentar:

KEBULAN mengatakan...

Berdasarkan mind map yang dibuat oleh Cahyo Baskoro, sudah cukup sesuai dengan pengembangannya. Hal ini dilihat dari pendahuluan pada paragraf pertama yang menunjukkan latar belakang.
Pada paragraf ke 2, baskoro juga mencantumkan identitas buku.
Baskoro juga telah menulis isi buku dalam laporannya.
begitu juga dengan kelebihan buku.
secara keseluruhan, pengembangan laporan buku Baskoro cukup baik.

Umi C.
2115091854
3B

Hety Rahmawati 3B mengatakan...

Pengembangan laporan buku Baskoro menarik untuk dibaca. Pengorganisasian penulisannya pun sesuai dengan tata cara pengorganisasian laporan buku.Antar parafraf saling berkoheren dan dalam menilai laporan buku, Baskoro cukup objektif.

dadang modif mengatakan...

Di dalam buku terdapat pembahasan tentang teknik reading quiz tidak?