MIND MAP
Laporan Buku PENGELOLAAN
PENGAJARAN,
Sebuah Pengantar Menuju Guru
Profesional
Judul Buku : PENGELOLAAN PENGAJARAN, Sebuah Pengantar Menuju
Guru Profesional.
Nama Pengarang : Drs. Ahmad Rohani HM., M.Pd,
Tempat Penerbit : Jakarta,
Penerbit :
Reka Cipta.
Tahun Terbit : 2010,
Cetakan :
Pertama
Buku
ini merupakan buku hasil reviu dan revisi dari buku Pengelolaan Pengajaran
terdahulu, disusun untuk membantu para peminat pendidikan, teoritisi, dan
praktisi di bidang pengajaran baik bagi mahasiswa calon guru serta guru.
Penulisan jurnal ini dilatarbelakangi oleh pemenuhan tugas mata kuliah
Pengembangan Keterampilan Menulis yaitu membuat jurnal ilmiah.
PENGELOLAAN PENGAJARAN, Sebuah Pengantar Menuju Guru
Profesional, terdiri dari 9 bab yang meliputi, bab 1 menjelaskan mengenai
pengertian pengajaran. Pengajaran menurut Drs. Ahmad Rohani HM., M.Pd, adalah
proses yang sistematis dan sistemik yang terdiri dari banyak komponen yang
bersifat saling melengkapi. Untuk mewujudkan suasana pengajaran yang kondusif
dibutuhkan pengelolaan pengajaran yang baik.
Pengelolaan pengajaran sendiri artinya upaya untuk
mengatur aktivitas pengajaran berdasarkan konsep dan prinsip yang lebih
efektif, efisien dan produktif dengan diawali penentuan strategi dan perencanaan
merujuk pada pemberian penilaian.
Bab 2 menjelaskan mengenai 13 prinsip pengajaran,
meliputi prinsip aktivitas, motivasi, individualitas, lingkungan, konsentrasi,
kebebanan, peragaan, kerjasama dan persaingan, apersepsi, korelasi, efisiensi
dan efektivitas, globalitas, serta permainan dan hiburan.
Bab 3, menjelaskan mengenai pengertian strategi
pengajaran, pengelomppokkan serta membandingkan strategi serta model pengajaran
menurut para ahli, serta pemaparan mengenai CBSA sebagai sebuah strategi
pengajaran. Kegiatan pengajaran dalam konteks strategi CBSA itu tentu selalu
melibatkan peserta didik secra aktif untuk mengembangkan kemampuan penalarannya
seperti dalam memahami, merancang penelitian, melaksanakan penelitian,
mengonsumsikan hasil dengan prosedur dan langkah-langkah yang urut dan teratur.
Drs.
Ahmad Rohani HM., M.Pd, memaparkan bab 4 mengenai desain pengajaran. Dimulai
dengan penjelasan mengenai pengertian desain pengajaran, serta beberapa pola
pengajaran menurut para ahli, yang kemudian diakhiri dengan komponen-komponen
pengajaran yang dijadikan sebagai penunjang proses keberhasilan pembelajaran di
kelas.
Bab
5 menjelaskan mengenai bentuk interaksi pengjaran yang edukatif. menurut Drs.
Ahmad Rohani HM., M.Pd, sebuah interaksi dikatakan memiliki sifat edukatif
bukan semata ditentukan oleh bentuk melainkan tujuan interaksi sendiri,
penyediaan bahan atau materi ajar, peran peserta didik, guru, metode yang
digunakan serta situasi pembelajaran yang mendukung.
Pengelolaan
kelas yang efektif disajikan penulis dalam bab 6. Seorang guru yang baik akan
memerhatikan segala bentuk masalah yang ditimbulkan dalam situasi belajar,
untuk itu seorang guru harus peka dan melakukan pendegaham dalam mengatur
pengelolaan kelas, meliputi aspek kondisi dan situasi belajar mengajar,
disiplin dan tata tertib, administrasi yang didukung oleh beberapa pendekatan
pengelolaan kelas menurut pendapat ahli.
Bab
7 memaparkan mengenai suumber belajar, klasifikasi serta penggunaan sumber
belajar secara efektif dan efisien. Bab 8 menjelaskan mengenai seluk beluk
penilaian yang disajikan secara terperinci dan jelas. Terakhir penulis
menjelaskan pengajaran mikro, komponen dan langkah-langkah pengajaran yang
tersaji pada bab 9. Pengajaran mikro ini merupakan materi tambahan sebagai
bentuk pengajaran yang disajikan sebagai pendukung penjelasan bab-bab
sebelumnya.
Penyajian
materi PENGELOLAAN PENGAJARAN, Sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional, dirasa
cukup baik dan berkaitan dengan tema dan judul buku. Drs. Ahmad Rohani HM., M.Pd,
menggunakan bahasa formal dengan pemilihan ukuran huruf, margin sesuai dengan
jenjang usia dan sasaran pembaca yaitu calon guru erta guru sehingga memudahkan
pembaca dalam memahami isi buku, sebuah masalah dikupas dengan baik oleh
penulis.
Buku
ini memaparkan mengenai seluk beluk pengelolaan pengajaran dengan baik.
Sehingga cocok untuk dijadikan sumber informasi bagi calon guru maupun guru
dalam upaya menuju guru professional sebagaimana judul buku ini. Namun
disayangkan, kurang lengkapnya pemaparan mengenai model pengajaran serta
penjelasan mengenai pengajaran mikro.
2 komentar:
Rachma Putri Rahayu – 2115091874
Menurut saya, laporan buku yang saudara Hilda buat cukup baik. Hal tersebut terbukti dari isi laporan yang beliau tuliskan dengan jelas dan tidak bertele-tele. Sistematika penulisan juga baik, yaitu judul, pendahuluan, isi laporan, serta kesimpulan dan saran. Walaupun sebenarnya tidak ada aturan khusus yang perlu diikuti sebagai persyaratan formal dalam penulisan laporan buku.
Pengembangan isi cukup baik karena isi buku diperinci bab per bab. Namun sayang, identitas buku tidak saudara Hilda tuliskan dalam bentuk essai. Teknis penulisan terdapat kalimat yang terlalu panjang sehingga ide dalam kalimat menjadi kabur pada paragraf delapan, yaitu “Seorang guru yang baik akan memerhatikan segala bentuk masalah yang ditimbulkan dalam situasi belajar, untuk itu seorang guru harus peka dan melakukan pendegaham dalam mengatur pengelolaan kelas, meliputi aspek kondisi dan situasi belajar mengajar, disiplin dan tata tertib, administrasi yang didukung oleh beberapa pendekatan pengelolaan kelas menurut pendapat ahli.”
Menurut saya, laporan buku yang dibuat oleh penulis sudah sangat baik. Sistematika penulisan yang teratur dan rapi, mencakup yaitu judul beserta identitas buku, pendahuluan, isi laporan dan kesimpulan serta saran. Antara mind map yang disajikan sudah dikembangkan secara baik dalam pengembangannya. Mind map pun sudah diurutkan sesuai dengan poin dan ide-ide yang akan dituangkan dalam pengembangan.
Ratih Sukmaning Tyas-2115091883
Posting Komentar