Kamis, 29 Desember 2011

LAPORAN BUKU - RACHMA PUTRI RAHAYU Drama Karya Dalam Dua Dimensi: Kajian Teori, Sejarah, dan Analisis


MIND MAP LAPORAN BUKU





Drama Karya Dalam Dua Dimensi: Kajian Teori, Sejarah, dan Analisis

            Drama Karya Dalam Dua Dimensi: Kajian Teori, Sejarah, dan Analisis merupakan buku yang ditulis  Prof. Dr. Hasanuddin WS., M.Hum. Buku yang diterbitkan di Bandung oleh Penerbit Angkasa ini menjawab ketiadaan sebuah informasi mengenai drama berdimensi ganda, yaitu sebagai karya sastra dan sebagai karya seni pertunjukan. Kebanyakan buku yang beredar menitikberatkan pembicaraan drama sebagai seni pementasan saja. Mulanya buku yang terbit tahun 2009 ini merupakan bahan dan pengalaman Hassanuddin dalam membina pembelajaran mata kajian drama di FBSS Universitas Negeri Malang serta beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Sumatera Barat. Namun sekarang buku tersebut sudah beredar luas di pasaran sebagai  sumber referensi imu sastra, umumnya, dan mata kuliah yang berkaitan dengan drama, khususnya, di jenjang pendidikan tinggi.
            Kupasan diawali dengan bahasan Hakikat Drama dan Teater pada bab 1, berisi perbedaan drama dan teater yang diidentifikasi melalui pengertiaan, karateristiknya. Dilanjutkan dengan bab 2 Sejarah Drama dan Teater yang membahas perkembangan drama dan teater di Indonesia dan di dunia Barat. Dalam bab 3, pembaca  disuguhkan Drama dalam Dimensi Sastra berisi unsur sastra dalam drama, drama dan struktur yang membentuk serta pendekatan analisis drama menggunakan pendekatan analisis sastra Abrams. Selanjutnya bab 4, penulis menyuguhkan Drama dalam Dimensi Seni Pertunjukan. Bab ini merupakan bahasan yang terakhir dalam buku karya Hasanuddin, menjelaskan mengenai pementasan sebagai penfsiran kedua, drama sebagai seni pertunjukkan dan unsur yang mendukungnya, llalu tentang penilaian drama sebagai karya seni pertunjukkan.
            Secara substansial, buku ini yang mempunyai ukuraun yang tidak terlalu besar ini memilki konten isi yang elementer. Hassanudin menyuguhkan banyak teori namun pengungkapan bahasanya mudah dimengerti dan tidak membuat pembaca ruwet. Selain itu, topik dalam buku ini dibahas secara mendalam, dan dilengkapi gambar seperti gambar bentuk panggung, gambar sketsa wajah untuk make up karakter. Hal ini membuat pembaca semakin memahami isi buku.


2 komentar:

KEBULAN mengatakan...

Laporan buku Rachma terbilang "cukup singkat". Buku yang disajikan Rachma sebagai objek laporannya merupakan buku terbitan lawas namun karena buku tersebut telah dicetak ulang beberapa kali membuat buku tersebut masih cukup layak ditinjau dalam bentuk laporan ini.
Secara isi, laporan yang dibuat Rachma sangat padat namun kurang menyeluruh.
Pengembangan yang dibuat Rachma sudah sesuai dengan mindmapnya.

Terima Kasih
[FIFY FILDZAH HABIBAH (2115091110)
KELAS 3-B
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA-FBS-UNJ]

KEBULAN mengatakan...

Hilda Septiani (2115090050)

Menurut saya, laporan buku yang saudara Rachma buat cukup baik. Hal tersebut terbukti dari pengembangan yang penulis buat telah sesuai dengan mind map. Namun disayangkan, pengembangan isi dinilai tidak terperinci, dan dalam menyampaikan kelebihan dan kekurangan buku kurang dan tidak seimbang. Pengembangan isi buku kurang diperinci bab per bab. terlepas dari itu semua, laporan buku yang dibuat penulis baik. terima kasih.