Sabtu, 31 Desember 2011

MIND MAP LAPORAN BUKU
Umi Chairunnisa



Laporan Buku: Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan
Oleh Umi Chairunnisa

Buku ini berjudul Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan yang dikarang oleh salah seorang tenaga pengajar di Jurusan Kurikulum dan Tekhnologi Pendidikan FIP Universitas Pendidikan Indonesia bernama Dr. Wina Sanjaya, M.Pd. Selain sebagai tenaga pengajar, beliau juga salah seorang anggota Tim Perumus Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Bila dilihat dari latar belakang pendidikan penulis, dapat disimpulkan bahwa pekerjaannya sangat berhubungan dengan isi buku ini, yakni menyoal strategi pembelajaran. Buku ini memiliki ketebalan mencapai 249 halaman dengan panjang buku 23 cm dan diterbitkan oleh penerbit Kencana yang terletak di Rawamangun, Jakarta Timur. Selain menyertakan alamat, buku ini disertai juga dengan ISBN. ISBN yang tertera dalam buku ini adalah 979-3925-73-6.
Dilihat dari tujuannya, buku ini sebenarnya diperuntukkan untuk para guru. Mengapa guru? Sebab buku ini membahas mengenai strategi pembelajaran yang berorientasi pada standar proses pendidikan. Tak hanya membahas mengenai strategi-strategi pembelajarannya saja namun dibahas juga pengertian dari standar proses pendidikan dan perlunya standar proses pendidikan bagi para guru. Sesungguhnya pengetahuan lewat buku ini bertujuan untuk membantu para guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang sesuai dengan tujuan dan kompetensi yang akan dicapai.
Dari segi isi, penulis membagi teori yang dibahasnya menjadi 14 bab. Bab pertama membahas tentang standar proses pendidikan. Disini dijelaskan pengertian, fungsi dan perlunya standar proses pendidikan untuk seorang guru. Bab kedua membahas tentang pencapaian standar proses pendidikan. Maksudnya adalah bagaimana guru mengoptimalkan peran guru dalam proses pembelajaran serta bagaimana keterampilan dasar yang cocok bagi guru. Kemudian pada bab ketiga dibahas tentang sistem pembelajaran dalam standar proses pendidikan beserta komponen-komponen di dalamnya. Selanjutnya di bab keempat dibahas mengenai tujuan dan standar kompetensi. Di bab kelima dibahas tentang konsep dan teori mengajar dan belajar dalam standar proses pendidikan.
Di bab keenam masuk ke bahasan mengenai tentang strategi pembelajaran aktivitas siswa. Seperti apa jenis-jenis strategi pembelajaran yang termasuk ke dalam pembelajaran aktivitas siswa serta bagaimana prinsip-prinsip penggunaan strategi pembelajaran dalam konteks standar proses pendidikan dibahas dalam proses pendidikan. Bab ketujuh dibahas tentang metode dan media pembelajaran dalam standar proses pendidikan. Lalu bab yang selanjutnya dibahas tentang strategi pembelajaran ekspositori. Bab kesembilan membahas tentang pembelajaran inkuiri yaitu pembelajaran yang minitikberatkan pada mencari dan menemukan. Kemudian pada bab kesepuluh membahas strategi pembelajaran berbasis masalah. Pada bab kesebelas dibahas tentang strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir. Pada bab keduabelas dibahas strategi pembelajaran kooperatif dan pada bab ketigabelas membahas strategi pembelajaran kontekstual. Lalu pada bab terakhir membahas tentang strategi pembelajaran afektif.
Dari segi isi buku tersebut dapat dinilai buku ini sangatlah membantu para guru dalam mengajar. Secara pendekatan persoalannya sendiri buku ini cukup membantu para guru dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya. Sedangkan dalam segi bahasa, penulis menggunakan bahasa yang cukup dimengerti oleh sasaran pembacanya. Namun dari segi percetakannya, buku ini dapat dinilai kurang baik. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa halaman yang tercetak tidak jelas. Tapi, dapat dikatakan secara keseluruhan buku ini sangat menarik dan bagus dalam segi isi, meski dalam segi kemasannya maupun cara mencetaknya pun terkesan kurang menarik dan tidak diperhatikan.

2 komentar:

Anisa Lastari mengatakan...

sebagai sebuah laporan buku, tulisan ini telah cukup mendalam "mengupas" buku Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, namun ada baiknya jika pembahasan setiap bab dilakukan secara lebih mendetail, karena dengan begitu konten laporan buku menjadi ebih lengkap dan lebih menarik. namun secara sistematika tulisan ini telah cukup baik dan sesuai, di mulai dengan pendahuluan yaitu mnegenalkan identitas buku dan pengarang. lalu masuk ke dalam pembahasan dengan menjabarkan bab perbab isi buku, lalu kemudian ditutup dengan kalimat mempromosikan atau menilai isi buku.

Anonim mengatakan...

Mind map yang telah dibuat oleh penulis telah dikembangkan dengan baik sehingga tulisan yang dibuat tidak melenceng dari apa yang telah ditulis pada mind map.
Sebagai laporan buku, tulisan ini telah menggambarkan isi buku dengan baik sehingga dapat dipertanggungjawabkan.
Cahyo Baskoro
2115091856