No.
|
Bab
|
Subbab
|
Isi
|
1.
|
pendahuluan
|
tugas yang diberikan khususnya dalam
bidang apa dan tingkat pendidikan yang mana
|
Buku ini ditujukan kepada para
mahasiswa jurusan kependidikan, juga dapat dijadikan petunjuk proses
pembelajaran para guru.
|
identitas buku
|
Strategi
pembelajaran inovatif kontemporer (suatu tinjauan konseptual operasional)
|
||
Made weda
|
|||
Bumi aksara
|
|||
Jakarta timur
|
|||
2011
|
|||
Cetakan ke-5
|
|||
261 + XIII
halaman
|
|||
8 bab
|
|||
978-979-0100-526-3
|
|||
2.
|
Isi laporan
|
Ringkasan buku
|
Strategi pembelajaran; Membahas
tentang taksonomi pembelajaran yang berhubungan dengan strategi
pengorganisasian, strategi penyampaian, dan strategi pengelolaan
pembelajaran.
|
Strategi
pengorganisasian dan pengelolaan; membahas tentang hakikat dan prosedur teori
elaborasi, serta hakikat dan prosedur strategi pengelolaan motivasional.
|
|||
Strategi pembelajaran pemecahan
masalah; membahas tentang hakikat dan
prosedur model/ jenis strategi pemecahan masalah yang inovatif, seperti SAP,
inkuiri biologi, inkuiri sosial, inkuiri jurisprundensial, latihan penemuan,
pemecahan masalah IDEAL, dan belajar berbasis masalah
|
|||
Strategi
pembelajaran ranah motorik; membahas tentang hakikat dan prosedur berbagai
model/ strategi pembelajaran pada ranah motorik seperti TWI, model pelatihan,
pembellajaran praktik berbasis proyek, dan model pelatihan laboratorium
|
|||
Startegi pembelajaran kreatif
produktif- pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran kuantum; membahas
tentang hakikat dan model- model pembelajaran
yang kini banyak diujicobakan dalam berbagai jenjang pendidikan,
seperti pembelajaran kreatif produktif, pembelajaran berbasis proyek, dan
pembelajaran kuantum.
|
|||
Strategi
pembelajaran siklus-pembelajaran generatif- belajar tuntas dan pemebelajaran kooperatif;
membahas tentang hakikat dan prosedur pembelajaran siklus, generatif, belajar
tuntas, da pembelajaran kooperatif.
|
|||
Membahas tentang hakikat dan seluk
beluk pembelajaran berbasis komputer dan pembelajaran elektronik.
|
|||
Membahas
tentang hakikat dan prosedur pembelajaran model dimensi belajar, pembelajaran
berbasis modul, dan peristiwa pembelajaran.
|
|||
3.
|
Kesimpulan
|
Penilaian penulis tentang isi buku
|
Isi buku ini bagus, karena sangat membantu guru, dosen ataupun
mahasiswa. Untuk guru dan dosen, buku ini membantu untuk meningkatkan dan
mengembangkan kualitas belajar mengajar. Untuk mahasiswa buku ini dijadikan
pedoman untuk tugas pembuatan RPP atau untu penelitian berjenis eksperimen.
Penulis buku juga telah memaparkan secara jelas tentang strategi pembelajaran
inovatif kontemporer yang dimulai dari
segi konsep sampai segi operasionalnya.
|
Cara
pendekatan persoalan
|
|||
Cara penyusunan, bahasa yang
digunakan, teknik percetakan dan sebagainya
|
Dari segi penyusunan, buku ini telah
menyampaikan dengan baik. karena buku ini telah disusun secara sistematis.
|
||
Pendapat
mahasiswa mengenai kelebihan dan kekurangan buku
|
Buku ini
telah membantu para mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliah. Dimulai dari
perencanaan pembelajaran sampai evaluasi pembelajaran dalam penelitian yang dilakukan oleh
mahasiswa. Namun buku ini memiliki segi kekurangan. Dalam menjelaskan
strategi buku ini tidak menyebutkan strategi tersebut untuk kelas berapa atau
jenjang pendidikan yang mana.
|
Laporan
Buku Strategi
pembelajaran inovatif kontemporer (suatu tinjauan konseptual operasional)
Karangan Made Weda
Strategi
Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional)
adalah sebuah buku karangan Made Weda. Buku yang diterbitkan pada tahun 2009
oleh Bumi Aksara di Jakarta Timur ini, memiliki tebal 261 + XIII halaman yang
dibagi menjadi delapan bab. Tujuan dibuatnya buku ini adalah untuk petunjuk
proses pembelajaran para guru. Selain itu, buku ini juga dapat dijadikan bahan
belajar bagi mahasiswa jurusan kependidikan. Kehadiran buku tesk ini juga dapat
mengembangkan pengetahuan dan keterampilan guru dan dosen dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran.
Berhubungan
dengan tujuan pembuatan buku ini, maka dalam pembahasannyan buku ini membahas
tentang strategi pembelajaran. Strategi ini digunakan untuk meningkatkan
kualitas belajar mengajar di dalam kelas. Strategi-strategi tersebut adalah bab
1 Strategi pembelajaran; Membahas tentang taksonomi pembelajaran yang
berhubungan dengan strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, dan
strategi pengelolaan pembelajaran. Bab 2 Strategi pengorganisasian dan
pengelolaan; membahas tentang hakikat dan prosedur teori elaborasi, serta
hakikat dan prosedur strategi pengelolaan motivasional. Bab 3 Strategi
pembelajaran pemecahan masalah; membahas tentang hakikat dan prosedur model/ jenis strategi pemecahan
masalah yang inovatif, seperti SAP, inkuiri biologi, inkuiri sosial, inkuiri
jurisprundensial, latihan penemuan, pemecahan masalah IDEAL, dan belajar
berbasis masalah. Bab 4 Strategi pembelajaran ranah motorik; membahas tentang
hakikat dan prosedur berbagai model/ strategi pembelajaran pada ranah motorik
seperti TWI, model pelatihan, pembellajaran praktik berbasis proyek, dan model
pelatihan laboratorium.
Bab
5 Startegi pembelajaran kreatif produktif- pembelajaran berbasis proyek dan
pembelajaran kuantum; membahas tentang hakikat dan model- model
pembelajaran yang kini banyak
diujicobakan dalam berbagai jenjang pendidikan, seperti pembelajaran kreatif
produktif, pembelajaran berbasis proyek, dan pembelajaran kuantum. Bab 6 Membahas
tentang hakikat dan prosedur pembelajaran model dimensi belajar, pembelajaran
berbasis modul, dan peristiwa pembelajaran. Bab 7 Membahas tentang hakikat dan
seluk beluk pembelajaran berbasis komputer dan pembelajaran elektronik. Bab 8 Strategi
pembelajaran siklus pembelajaran generatif belajar tuntas dan pemebelajaran
kooperatif; membahas tentang hakikat dan prosedur pembelajaran siklus,
generatif, belajar tuntas, dan pembelajaran kooperatif.
Penilaian
dari segi isi, buku ini dapat dikategorikan sebagai buku bagus. Mengapa
demikian? Karena penulis buku juga telah memaparkan secara jelas tentang
strategi pembelajaran inovatif
kontemporer yang dimulai dari segi konsep sampai segi operasionalnya.
Selain itu, buku ini sangat membantu guru, dosen ataupun mahasiswa. Untuk guru
dan dosen, buku ini membantu untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas
belajar mengajar. Untuk mahasiswa buku ini dijadikan pedoman untuk tugas
pembuatan RPP atau untu penelitian berjenis eksperimen. Dari segi penyusunan,
buku ini telah menyampaikan dengan baik. karena buku ini telah disusun secara
sistematis. Namun buku ini memiliki segi kekurangan. Dalam menjelaskan strategi
buku ini tidak menyebutkan strategi tersebut untuk kelas berapa atau jenjang
pendidikan yang mana. Hal tersebut sangat dibutuhkan guna mencegah kesalahan
penerapan strategi.
2 komentar:
secara keseluruhan penjelasan laporan buku yang dijelskan oleh Nuri sudah cukup baik, akan tetapi terdapat beberapa kekurangan. Pertama, pada bagian mind map dijelaskan isi buku degan ringkas, tidak per bab, tetapi pada pengembangan dijelskan perbab. Kedua, didalam mind map tidak dijelskan cara penedekatan masalah dalam buku tersebut.
gesa nurdiyanti
2115091880/3b
(SITI LUTFIAH)
Penulis, mengupas buku secara apik dan rinci dengan bahasa yang baik dan begitu lengkap. selain itu mind map yang dibuat telah bersesuaian dengan pengembangannya. kekurangan dan kelbihan dibahas dengan proporsi yang sesuia walaupun koherensi antar paragrafnya masih belum begitu baik.
Posting Komentar