Jumat, 30 Desember 2011

Laporan Buku Strategi pembelajaran inovatif kontemporer (suatu tinjauan konseptual operasional) Karangan Made Weda -NURI FIJIASTUTI-

mind map laporan buku

No.
Bab
Subbab
Isi
1.
pendahuluan
tugas yang diberikan khususnya dalam bidang apa dan tingkat pendidikan yang mana
Buku ini ditujukan kepada para mahasiswa jurusan kependidikan, juga dapat dijadikan petunjuk proses pembelajaran para guru.
identitas buku
Strategi pembelajaran inovatif kontemporer (suatu tinjauan konseptual operasional)
Made weda
Bumi aksara
Jakarta timur
2011
Cetakan ke-5
261 + XIII halaman
8 bab
978-979-0100-526-3
2.
Isi laporan
Ringkasan buku
Strategi pembelajaran; Membahas tentang taksonomi pembelajaran yang berhubungan dengan strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, dan strategi pengelolaan pembelajaran.
Strategi pengorganisasian dan pengelolaan; membahas tentang hakikat dan prosedur teori elaborasi, serta hakikat dan prosedur strategi pengelolaan motivasional.
Strategi pembelajaran pemecahan masalah; membahas tentang hakikat  dan prosedur model/ jenis strategi pemecahan masalah yang inovatif, seperti SAP, inkuiri biologi, inkuiri sosial, inkuiri jurisprundensial, latihan penemuan, pemecahan masalah IDEAL, dan belajar berbasis masalah
Strategi pembelajaran ranah motorik; membahas tentang hakikat dan prosedur berbagai model/ strategi pembelajaran pada ranah motorik seperti TWI, model pelatihan, pembellajaran praktik berbasis proyek, dan model pelatihan laboratorium
Startegi pembelajaran kreatif produktif- pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran kuantum; membahas tentang hakikat dan model- model pembelajaran  yang kini banyak diujicobakan dalam berbagai jenjang pendidikan, seperti pembelajaran kreatif produktif, pembelajaran berbasis proyek, dan pembelajaran kuantum.
Strategi pembelajaran siklus-pembelajaran generatif- belajar tuntas dan pemebelajaran kooperatif; membahas tentang hakikat dan prosedur pembelajaran siklus, generatif, belajar tuntas, da pembelajaran kooperatif.
Membahas tentang hakikat dan seluk beluk pembelajaran berbasis komputer dan pembelajaran elektronik.
Membahas tentang hakikat dan prosedur pembelajaran model dimensi belajar, pembelajaran berbasis modul, dan peristiwa pembelajaran.
3.
Kesimpulan
Penilaian penulis tentang isi buku
Isi buku ini bagus,  karena sangat membantu guru, dosen ataupun mahasiswa. Untuk guru dan dosen, buku ini membantu untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas belajar mengajar. Untuk mahasiswa buku ini dijadikan pedoman untuk tugas pembuatan RPP atau untu penelitian berjenis eksperimen. Penulis buku juga telah memaparkan secara jelas tentang strategi pembelajaran inovatif  kontemporer yang dimulai dari segi konsep sampai segi operasionalnya.
Cara pendekatan persoalan

Cara penyusunan, bahasa yang digunakan, teknik percetakan dan sebagainya
Dari segi penyusunan, buku ini telah menyampaikan dengan baik. karena buku ini telah disusun secara sistematis.
Pendapat mahasiswa mengenai kelebihan dan kekurangan buku
Buku ini telah membantu para mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliah. Dimulai dari perencanaan pembelajaran sampai evaluasi pembelajaran  dalam penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Namun buku ini memiliki segi kekurangan. Dalam menjelaskan strategi buku ini tidak menyebutkan strategi tersebut untuk kelas berapa atau jenjang pendidikan yang mana.




Laporan Buku Strategi pembelajaran inovatif kontemporer (suatu tinjauan konseptual operasional)
Karangan  Made Weda

Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional) adalah sebuah buku karangan Made Weda. Buku yang diterbitkan pada tahun 2009 oleh Bumi Aksara di Jakarta Timur ini, memiliki tebal 261 + XIII halaman yang dibagi menjadi delapan bab. Tujuan dibuatnya buku ini adalah untuk petunjuk proses pembelajaran para guru. Selain itu, buku ini juga dapat dijadikan bahan belajar bagi mahasiswa jurusan kependidikan. Kehadiran buku tesk ini juga dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan guru dan dosen  dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran.
Berhubungan dengan tujuan pembuatan buku ini, maka dalam pembahasannyan buku ini membahas tentang strategi pembelajaran. Strategi ini digunakan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di dalam kelas. Strategi-strategi tersebut adalah bab 1 Strategi pembelajaran; Membahas tentang taksonomi pembelajaran yang berhubungan dengan strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, dan strategi pengelolaan pembelajaran. Bab 2 Strategi pengorganisasian dan pengelolaan; membahas tentang hakikat dan prosedur teori elaborasi, serta hakikat dan prosedur strategi pengelolaan motivasional. Bab 3 Strategi pembelajaran pemecahan masalah; membahas tentang hakikat  dan prosedur model/ jenis strategi pemecahan masalah yang inovatif, seperti SAP, inkuiri biologi, inkuiri sosial, inkuiri jurisprundensial, latihan penemuan, pemecahan masalah IDEAL, dan belajar berbasis masalah. Bab 4 Strategi pembelajaran ranah motorik; membahas tentang hakikat dan prosedur berbagai model/ strategi pembelajaran pada ranah motorik seperti TWI, model pelatihan, pembellajaran praktik berbasis proyek, dan model pelatihan laboratorium.
Bab 5 Startegi pembelajaran kreatif produktif- pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran kuantum; membahas tentang hakikat dan model- model pembelajaran  yang kini banyak diujicobakan dalam berbagai jenjang pendidikan, seperti pembelajaran kreatif produktif, pembelajaran berbasis proyek, dan pembelajaran kuantum. Bab 6 Membahas tentang hakikat dan prosedur pembelajaran model dimensi belajar, pembelajaran berbasis modul, dan peristiwa pembelajaran. Bab 7 Membahas tentang hakikat dan seluk beluk pembelajaran berbasis komputer dan pembelajaran elektronik. Bab 8 Strategi pembelajaran siklus pembelajaran generatif belajar tuntas dan pemebelajaran kooperatif; membahas tentang hakikat dan prosedur pembelajaran siklus, generatif, belajar tuntas, dan pembelajaran kooperatif.
Penilaian dari segi isi, buku ini dapat dikategorikan sebagai buku bagus. Mengapa demikian? Karena penulis buku juga telah memaparkan secara jelas tentang strategi pembelajaran inovatif  kontemporer yang dimulai dari segi konsep sampai segi operasionalnya. Selain itu, buku ini sangat membantu guru, dosen ataupun mahasiswa. Untuk guru dan dosen, buku ini membantu untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas belajar mengajar. Untuk mahasiswa buku ini dijadikan pedoman untuk tugas pembuatan RPP atau untu penelitian berjenis eksperimen. Dari segi penyusunan, buku ini telah menyampaikan dengan baik. karena buku ini telah disusun secara sistematis. Namun buku ini memiliki segi kekurangan. Dalam menjelaskan strategi buku ini tidak menyebutkan strategi tersebut untuk kelas berapa atau jenjang pendidikan yang mana. Hal tersebut sangat dibutuhkan guna mencegah kesalahan penerapan strategi.


2 komentar:

KEBULAN mengatakan...

secara keseluruhan penjelasan laporan buku yang dijelskan oleh Nuri sudah cukup baik, akan tetapi terdapat beberapa kekurangan. Pertama, pada bagian mind map dijelaskan isi buku degan ringkas, tidak per bab, tetapi pada pengembangan dijelskan perbab. Kedua, didalam mind map tidak dijelskan cara penedekatan masalah dalam buku tersebut.

gesa nurdiyanti
2115091880/3b

Anonim mengatakan...

(SITI LUTFIAH)

Penulis, mengupas buku secara apik dan rinci dengan bahasa yang baik dan begitu lengkap. selain itu mind map yang dibuat telah bersesuaian dengan pengembangannya. kekurangan dan kelbihan dibahas dengan proporsi yang sesuia walaupun koherensi antar paragrafnya masih belum begitu baik.