Raden Firda Siti Humaeroh (2115091875)
LAPORAN BUKU
PERENCANAAN PENGAJARAN
Judul : Perencanaan Pengajaran
Penulis : Drs. Harjanto
Penerbit :Rineka Cipta, Jakarta Kompleks
Perkantoran Mitra Matraman Blok B No,
1-2 Jl. Matraman R0aya No. 148 Jakarta 1315
Tahun
Terbit : 2010, cetakan 7
ISBN : 978-979-518-720-2
Buku Perencaan Pengajaran karya Drs.
Harjanto dibuat sebagai pegangan mahasiswa fakultas tarbiyah baik negeri maupun
swasta (PTAIS) di seluruh nusantara dan memiliki tujuan agar mahasiswa memiliki
penegetahuan dan pemahaman tentang hakikat perencanaa pengajaran, sehingga
mahasiswa mampu serta terampil dalam merencanakan pengajaran. Materi buku ini
telah disesuaikan dengan silabi dan pokok bahasan kurikulum nasional yang
dikeluarkan oleh Ditjen Kelembagaan Agama Islam, Departemen Agama RI, Jakarta,
tahun 1995.
Dalam buku tersebut terdapat sembilan
bab, yang mana bab pertama membahas mengenai pengertian perencanaan pengajaran
beserta tujuannya dengan subbab pengertian perencanaan pengajaran, masalah-masalah
pokok dalam perencanaan pengajaran, proses perencanaan, jenis-jenis
perencanaan, dan pentingnya perenanaan pengajaran.
Bab dua membahas mengenai konsep
pendekatan sistem dalam pengajaran dengan subbab pengantar, pendekataan
permintaan masyarakat, pendekatan ketnagakerjaan, pendekatan “Nilai Imbalan”,
dan konsep pendekatan sistem dalam pengajaran.
Bab tiga membahas mengenai berbagai
model pengembangan sistem instruksional dengan subbab model dasar sistem
instruksional, rincian masing-masing komponen sistem instruksional, hubungan
antar komponen dalam sistem instruksional, model-model pengembangan
instruksional I, dan pengembangan sistem dan desain instruksional.
Bab empat membahas mengenai aplikasi
berbagai model pengembangan sistem instruksional dengan subbab pola-pola
instruksional, model-model pengembangan instruksional II, serta tujuan dan fungsi
pengembangan instruksional.
Bab lima membahas mengenai perencanaan
tujuan-tujuan instruksional dengan subbab perencanaan desain instruksional,
kemampuan dan hubungan kerja, identifikasi tujuan instruksional umum, dan
spesifikamsi tujuan pengajaran.
Bab enam membahas mengenai
perencanaan bahan-bahan pengajaran dengan subbab aspek-aspek materi, kriteria
pemilihan materi pengajaran, dan identifikasi satuan bahasan.
Bab tujuh membahas mengenai
perencanaan media pengajaran dengan subbab pemilihan media, media pengajan dan
manfaatnya, kegiatan belajar mengajar dan media, serta model, pemeran dan
museum sekolah.
Bab delapan membahas mengenai
perencanaan evaluasi pengajaran dengan subbab pengertian dan fungsi evaluasi
pengajaran, alat evaluasi pengajaran, prinsip-prinsip dasar tes hasil belajar,
sistem penilaian, langkah-langkah menyusun tes, evaluasi dan validitas paket
pengajaran, dan hakikat evaluasi.
Bab sembilan yang merupakan bab
akhir dalam buku ini membahas mengenai penyusunan satuan pelajaran dengan
subbab kerangka satuan pelajaran, isi satuan pelajaran, struktur
organisasi satuan pelajaran, bentuk
satuan pelajaran, dan kriteria pembuatan model satuan pelajaran.
Secara umum, buku ini membahas
mengenai perencanaan pengajaran, konsep pendekatan sistem pengajaran, beragai
model dan aplikasi pengembangan sistem instruksional, perencanaan tujuan
instruksional, bahan-bahan pengajaran, evaluasi pengajaran, dan penyusunan satuan pelajaran.
Buku ini mempunyai sasaran pembaca
secara umum mahasiswa jurusan kependidikan (IKIP dan FKIP), khususnya mahasiswa
Fakultas Tarbiyah pada perguruan tinggi negeri maupun swasta, dan para praktisi
kependidikan.
Buku perencanaan pengajaran ini
sangat baik dijadikan buku bacaan maupun pegangan bagi mahasiswa kependidikan maupun
praktisi kependidikan. Selain didukung dengan adanya diagram-diagram, juga
dilengkapi dengan contoh-contoh materi. Secara teknik penulisan pun buku ini
dapat dikatakan baik, karena tidak ditemui kesalahan penulisan, bahasanya mudah
dimengerti, jarak antar kata dan paragraf pun tidak dekat, sehingga tidak
memusingkan pembaca. Sayangnya, buku ini tidak dilengkapi dengan biodata
penulis yang mana biodata tersebut membantu meyakinkan pembaca bahwa penulis
memang berkecimpung di dunia pendidikan dan memahami mengenai dunia pendidikan
besera masalah-masalah di dalamnya.
1 komentar:
(MUMUN SITI MUNAWWAROH)
Raden Firda menuliskan identitas buku yang ia pilih terlebih dahulu dengan identitas buku. Hal tersebut sangat baik untuk perkenalan awal mengenai buku yang ia pilih. ia menggambarkan isi buku dengan cara mengulas secara singkat isi dari masing-masing bab. Hal tersebut sangat baik dilakukan, karena dengan ulasan buku secara singkat maka pembaca akan lebh penasaran isi buku secara lengkapnya.
Pembahasan yang Raden tulis sudah sesuai dengan mind mapnya. Terlebih dahulu ia menuliskan pembahasannya tersebut berdasarkan tujuan buku yang ia pilih. pemilihan diksinya mudah dipahami dan pembahasannya berurutan.
Posting Komentar