Sabtu, 31 Desember 2011

LAPORAN BUKU


Raden Firda Siti Humaeroh (2115091875)
LAPORAN BUKU
PERENCANAAN PENGAJARAN


Judul                         : Perencanaan Pengajaran
Penulis                      : Drs. Harjanto
Penerbit                    :Rineka Cipta, Jakarta Kompleks Perkantoran Mitra Matraman    Blok B   No, 1-2 Jl. Matraman R0aya No. 148 Jakarta 1315
Tahun Terbit           : 2010, cetakan 7
ISBN                          : 978-979-518-720-2

            Buku Perencaan Pengajaran karya Drs. Harjanto dibuat sebagai pegangan mahasiswa fakultas tarbiyah baik negeri maupun swasta (PTAIS) di seluruh nusantara dan memiliki tujuan agar mahasiswa memiliki penegetahuan dan pemahaman tentang hakikat perencanaa pengajaran, sehingga mahasiswa mampu serta terampil dalam merencanakan pengajaran. Materi buku ini telah disesuaikan dengan silabi dan pokok bahasan kurikulum nasional yang dikeluarkan oleh Ditjen Kelembagaan Agama Islam, Departemen Agama RI, Jakarta, tahun 1995.
            Dalam buku tersebut terdapat sembilan bab, yang mana bab pertama membahas mengenai pengertian perencanaan pengajaran beserta tujuannya dengan subbab pengertian perencanaan pengajaran, masalah-masalah pokok dalam perencanaan pengajaran, proses perencanaan, jenis-jenis perencanaan, dan pentingnya perenanaan pengajaran.
            Bab dua membahas mengenai konsep pendekatan sistem dalam pengajaran dengan subbab pengantar, pendekataan permintaan masyarakat, pendekatan ketnagakerjaan, pendekatan “Nilai Imbalan”, dan konsep pendekatan sistem dalam pengajaran.
            Bab tiga membahas mengenai berbagai model pengembangan sistem instruksional dengan subbab model dasar sistem instruksional, rincian masing-masing komponen sistem instruksional, hubungan antar komponen dalam sistem instruksional, model-model pengembangan instruksional I, dan pengembangan sistem dan desain instruksional.
            Bab empat membahas mengenai aplikasi berbagai model pengembangan sistem instruksional dengan subbab pola-pola instruksional, model-model pengembangan instruksional II, serta tujuan dan fungsi pengembangan instruksional.
            Bab lima membahas mengenai perencanaan tujuan-tujuan instruksional dengan subbab perencanaan desain instruksional, kemampuan dan hubungan kerja, identifikasi tujuan instruksional umum, dan spesifikamsi tujuan pengajaran.
            Bab enam membahas mengenai perencanaan bahan-bahan pengajaran dengan subbab aspek-aspek materi, kriteria pemilihan materi pengajaran, dan identifikasi satuan bahasan.
            Bab tujuh membahas mengenai perencanaan media pengajaran dengan subbab pemilihan media, media pengajan dan manfaatnya, kegiatan belajar mengajar dan media, serta model, pemeran dan museum sekolah.
            Bab delapan membahas mengenai perencanaan evaluasi pengajaran dengan subbab pengertian dan fungsi evaluasi pengajaran, alat evaluasi pengajaran, prinsip-prinsip dasar tes hasil belajar, sistem penilaian, langkah-langkah menyusun tes, evaluasi dan validitas paket pengajaran, dan hakikat evaluasi.
            Bab sembilan yang merupakan bab akhir dalam buku ini membahas mengenai penyusunan satuan pelajaran dengan subbab kerangka satuan pelajaran, isi satuan pelajaran, struktur organisasi  satuan pelajaran, bentuk satuan pelajaran, dan kriteria pembuatan model satuan pelajaran.
            Secara umum, buku ini membahas mengenai perencanaan pengajaran, konsep pendekatan sistem pengajaran, beragai model dan aplikasi pengembangan sistem instruksional, perencanaan tujuan instruksional, bahan-bahan pengajaran, evaluasi pengajaran, dan penyusunan satuan pelajaran.
            Buku ini mempunyai sasaran pembaca secara umum mahasiswa jurusan kependidikan (IKIP dan FKIP), khususnya mahasiswa Fakultas Tarbiyah pada perguruan tinggi negeri maupun swasta, dan para praktisi kependidikan.
            Buku perencanaan pengajaran ini sangat baik dijadikan buku bacaan maupun pegangan bagi mahasiswa kependidikan maupun praktisi kependidikan. Selain didukung dengan adanya diagram-diagram, juga dilengkapi dengan contoh-contoh materi. Secara teknik penulisan pun buku ini dapat dikatakan baik, karena tidak ditemui kesalahan penulisan, bahasanya mudah dimengerti, jarak antar kata dan paragraf pun tidak dekat, sehingga tidak memusingkan pembaca. Sayangnya, buku ini tidak dilengkapi dengan biodata penulis yang mana biodata tersebut membantu meyakinkan pembaca bahwa penulis memang berkecimpung di dunia pendidikan dan memahami mengenai dunia pendidikan besera masalah-masalah di dalamnya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

(MUMUN SITI MUNAWWAROH)

Raden Firda menuliskan identitas buku yang ia pilih terlebih dahulu dengan identitas buku. Hal tersebut sangat baik untuk perkenalan awal mengenai buku yang ia pilih. ia menggambarkan isi buku dengan cara mengulas secara singkat isi dari masing-masing bab. Hal tersebut sangat baik dilakukan, karena dengan ulasan buku secara singkat maka pembaca akan lebh penasaran isi buku secara lengkapnya.
Pembahasan yang Raden tulis sudah sesuai dengan mind mapnya. Terlebih dahulu ia menuliskan pembahasannya tersebut berdasarkan tujuan buku yang ia pilih. pemilihan diksinya mudah dipahami dan pembahasannya berurutan.