Jumat, 30 Desember 2011

Laporan Buku "Model-Model Pembelajaran Inovatif" oleh Yunita Lestari



Yunita Lestari
2115091881
3B

Laporan Buku : Model-Model Pembelajaran Inovatif

Model-Model Pembelajaran Inovatif merupakan buku yang mengulas tentang model serta metode pembelajaran yang inovatif agar dapat membuat proses pembelajaran menjadi interaktif dan menyenangkan.  Buku yang ditulis oleh Prof. Dr. H. Tukiran Taniredja, Efi Miftah Faridli, M. Pd, dan Drs, Sri Harmianto diterbitkan oleh Alfabeta yang beralamat di Jl. Gegerkalong Hilir 84 Bandung. Cetakan pertama buku ini pada bulan Maret 2011. Jumlah halaman buku ini adalah iv+ 122 halaman dan terdapat sepuluh bab didalamnya.
Telah disebutkan sebelumnya bahwa buku Model-Model Pembelajaran Inovatif terdiri dari sepuluh bab. Kesepuluh bab tersebut membahas mengenai model pembelajaran serta metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah pada jenjang SD-SMA sesuai dengan keadaan peserta didik dan pembelajaran di Perguruan Tinggi. Pada bab (1) Pendahuluan, diterangkan mengenai pengertian metode pembelajaran dan peningkatab kualitas pendidikan di sekolah yang dapat ditempuh dengan berbagai cara. Bab (2) Model Pembelajaran Berbasis Portofolio yang membahas mengenai pengertian portofolio, model pembelajaran berbasis portofolio, landasan pemikiran, prinsip-prinsip dasar model pembelajaran berbasis portofolio, langkah-langkah pembelajaran portofolio dan elemen penilaian berbasis portofolio. Bab (3) Model Pembelajaran Diskusi yang mengupas mengenai pengelolaan kelompok diskusi dan pelaksanaan diskusi kelompok. Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dijelaskan pada bab (4)  yang diawali dengan  pengantar tentang diskusim langkah-langkah memimpin diskusi  dan usaha mengatasi kelemahan dari metode diskusi.
            Model Pembelajaran Simulasi dibahas pada bab (5) yang menjelaskan tentang prinsip-prinsip simulasi, langkah-langkah pelaksanan simulasi,  kebaikan dan kelemahan serta cara mengatasi kelemahan metode sosiodrama. Bab (6) menerangkan tentang model pembelajaran ceramah yang berisi  sifat metode ceramah, langkah-langkah metode ceramah,  serta kebaikan dan kelemahan metode ceramah. Bab (7) membahas tentang model pembelajaran kontekstual berisi pendahluan, prinsip dasar pendidikan kontekstual, pendekatan kontekstal, prinsip ilmiah CTL, dan strategi pembelajaran CTL. Model Pembelajaran Kooperatif dibahas pada bab (8) yang menyertakan pengertian, tipologi, tujuan pembelajaran kooperatif, prosedur pembelajaran, langkah-langkah, model-model Cooperatif learning yang terdiri dari Student Teams-Achievment Division (STAD), Teams Games Turnaments (TGT), dan Group Investigation (GI). Bab (9) mengupas tentang model pembelajaran tugas terstruktur, pada bab ini dijelaskan mengenai tugas terstruktur yang dapat diberikan kepada peserta didik yang bisa berupa laporan buku, portofolio, makalah individu,  dan makalah kelompok. Model pembelajran VCT dijelaskan pada bab (10) menyajikan tentang pengertian, tujuan, prinsip, langkah-langkah, bentuk, kebaikan, kelemahan, dan cara mengatasi kelemahan model pembelajaran VCT. Setelah selesai menjelaskan kesepuluh bab dalam buku ini terdapat halaman daftar pustaka, dan lampiran berupa model-model pembelajaran efektif yang bersumber dari Departemen Pendidikan Nasional.
Keseluruhan buku ini menjelaskan mengenai model-model pembelajaran inovatif yang dapat digunakan oleh guru ataupun dosen dalam mengembangkan model-model pembelajaran inovatif. Cara pendekatan persoalan buku ini membahas pada pokok pembicaran sesuai dengan tema buku yaitu mengenai model pembelajaran inovatif. Bahasa yang digunakan pada buku ini adalah bahasa formal. Teknik percetakan buku sudah terlihat baik dapat dilihat dari cover buku yang berwarna kuning yang dapat membuat pembaca tertarik serta font huruf yang standar sehingga sangat sesuai dengan mata pembaca yang biasanya terdiri dari guru dan dosen. Pada bab-bab tertentu telah dijelaskan secara rinci mengenai model pembelajaran serta kebaikan dan kekurangan model tersebut. Namun, terdapat beberapa model pembelajaran yang tidak disertai dengan kebaikan dan kekurangan model dan cara mengatasi kekurangan tersebut. Hal ini dapat menjadi pertanyaan tersendiri bagi pembaca yang membaca buku ini. Buku ini disertai pula dengan gambar, tabel, serta bagan. Sayangnya, hal ini hanya dapat ditemui pada bab (8) dan bab (9). Riwayat penulis buku tidak dapat ditemukan dalam buku ini sehingga pembaca tidak dapat mengenal lebih jauh mengenai penulis buku Model-Model Pembelajaran Inovatif ini. Terlepas dari kekurangan tersebut, buku ini sangat membantu sebagai pedoman pengajaran dan pembelajaran demi tercapainya perkembangan, kemajuan, dan perubahan pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik.

2 komentar:

KEBULAN mengatakan...

Komentar oleh: Rawdotul Jannah

Mind map dengan pengembangannya sudah sesuai. Bahasa yang digunakan santun dengan ragam baku. Penalaran yang dipakai ialah penalaran deduktif (umum-khusus), yaitu penjelasan umum terlebih dahulu baru ditarik kesimpulannya. Paragraf demi paragraf yang disampaikan sudah padu dan lengkap. Sasaran yang dikembangkan dalam laporan ini sudah berjalan sesuai dengan fungsinya. Pendahuluan berfungsi untuk memberikan info tentang materi yang ingin disampaikan, pengenalan pengarang, dan identitas buku. Isi berfungsi untuk menjelaskan materi yang terdapat dalam buku. Kesimpulan untuk memberikan info tentang kelebihan dan kekurangan buku.

Anisa Lastari mengatakan...

penulis memulai tulisannya dengan memberikan informasi mengenai identitas buku, sehingga pembaca akan lebih tertarik untuk membaca lebih jauh, hal ini tentu mennjadi poin penting dalam sebuah laporan buku. kemudian ketika masuk ke dalam pembahasan, penulis menjabarkan isi buku bab perbab dengan mendetail, bukan saja menyebutkan judul perbab namun sekilas juga menyebutkan konten-konten yang terdapat dalam bab tersebut.lalu pada bagian penutup, penulis juga tak lupa memberikan penilaian dan menyebukan kekurangan buku. komponen-komponen di atas saya rasa telah cukup menjadi acuan untuk menilai bahwa tulisan yang dibuat Yunita sudah baik. namun sya rasa pada bagian akhir, penilaian penulis "buku ini sangat membantu sebagai pedoman pengajaran dan pembelajaran demi tercapainya perkembangan, kemajuan, dan perubahan pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik", terlalau luas dan subjektif.