Kamis, 29 Desember 2011

Laporan Buku Model Assesmen dalam Pembelajaran dan mind map Gesa Nurdiyanti





Laporan Buku
Model Assesmen dalam Pembelajaran

                Model Assesmen dalam Pembelajaran merupakan buku yang ditulis oleh Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. , merupakan sebuah buku yang membahas mengenai penilaian (assesmen) dalam pembelajaran dimana saat ini penilaian dalam kegiatan pembelajaran merupakan hal yang tidak terbantahkan. Yuma Pustaka merupakan penerbit dari buku ini dan buku ini diterbitkan pada tahun 2010 di Surakarta. Buku ini merupakan buku cetakan yang kedua, yang dicetak pada bulan Juni 2010. Jumlah halaman dari buku ini yaitu 155 halaman yang terdiri dari tiga bab.
                Pembahasan dalam buku ini cukup teratur, dimana bab pertama yang merupakan pendahuluan, membahas mengenai tujuan, manfaat, strategi dan hasil yang diharapkan dalam adanya penerbitan buku ini. Pada bab kedua yang merupakan materi pelatihan,terdiri dari sebelas sub bab. Pada sub bab pertama membahas mengenai penilian, pengukuran dan evaluasi. Pada sub bab kedua membahas mengenai penilaian yang berbasis kelas baik dalam penegrtiannya,tujuan, konteks, prinsip, karekteristik, dan rambu-rambu dalam penilaian berbasis kelas. Pada sub bab ketiga membahas mengenai penilaian dengan tes. Sub bab keempat membahas mengenai penilaian kinerja, disini dijelaskan pengertian dan teknik penilaian unjuk kerja. Penilaian sikap dibahas pada sub bab ini, yaitu sub bab kelima, baik pengertian dan teknik penilaian sikap. Penilaian proyek dibahas dalam sub bab keenam. Penilaian produk dibahas dalam sub bab ketujuh. Pada sub bab kedelapan membahas mengenai penilaian portofolio,baik pengertian, hal-hal penting dalam portofolio, keuntungan, pemanfaatan, teknik penilaian dengan portofolio. Penilaian diri (self assesment) dibahas dalam sub bab kesembilan. Pada sub bab kesepuluh membahas mengenai langkah-langkah pelaksanaan penilaian. Dalam sub bab yang terahir dibahas mengenai pengelolaan hasil penilaian, dalam sub bab ini membahas mengenai hasil penilaian serta interpretasi hasil penilaian dalam menetapkan ketuntasan belajar. Pada bab yang terakhir,yaitu bab ketiga terdiri atas dua sub bab, yang pertama yaitu evaluasi dan yang kedua yaitu refleksi.
                Buku karya Prof. Dr. H. Sarwiji Suwandi, M.Pd ini membahas mengenai penilaian dengan cukup baik. Pemaparan isi buku ini sangat detail. Dimana, persoalan yang ditampilkan yaitu melalui pemberian contoh serta pemberian soal-soal kepada pembaca. Penyusunan buku ini juga sudah cukup baik, koherebsi antara bab yang satu ke bab yang selanjutnya sudah cukup berkoherensi. Bahasa yang digunakan dalam buku ini juga mudah untuk dimengerti, dimana jika ada kata istialah atau bahasa asing selalu disertai dengan penjelasannya atau pengertiannya. Uurannya yang kecil pada buku ini memudahkan untuk dibawa serta penulisannya yang tidak terlalu kepinggir, membuat buku tidak sulit untuk dibaca. Isi yang dijelaskan secara detail serta adanya bagan ataupun gambar yang disertai sumber gambar tersebut menjadi kelebihan dari buku ini. tetapi sayangnya, pengulangan yang sering terjadi diantara paragraf yang satu dengan paragraf selanjutnya, menjadi kekurangan dalam buku ini.

1 komentar:

KEBULAN mengatakan...

nuri fijiastuti

Mindmap dan pengembangan dalam laporan buku ini sudah sesuai. Namun, masih ada kekurangan dalam laporan buku. Ada beberapa penggunaan kata "dimana" yang melanggar kaidah kalimat efektif. Contohnya "Dimana, persoalan yang ditampilkan yaitu melalui pemberian contoh serta pemberian soal-soal kepada pembaca". Kata "dimana" seharusnya tidak digunakan dalam kalimat ini, karena kalimat ini menjadi tidak efektif.