Laporan Buku
Model Assesmen dalam
Pembelajaran
Model
Assesmen dalam Pembelajaran merupakan buku yang ditulis oleh Prof. Dr. Sarwiji
Suwandi, M.Pd. , merupakan sebuah buku yang membahas mengenai penilaian
(assesmen) dalam pembelajaran dimana saat ini penilaian dalam kegiatan
pembelajaran merupakan hal yang tidak terbantahkan. Yuma Pustaka merupakan
penerbit dari buku ini dan buku ini diterbitkan pada tahun 2010 di Surakarta.
Buku ini merupakan buku cetakan yang kedua, yang dicetak pada bulan Juni 2010.
Jumlah halaman dari buku ini yaitu 155 halaman yang terdiri dari tiga bab.
Pembahasan
dalam buku ini cukup teratur, dimana bab pertama yang merupakan pendahuluan,
membahas mengenai tujuan, manfaat, strategi dan hasil yang diharapkan dalam
adanya penerbitan buku ini. Pada bab kedua yang merupakan materi pelatihan,terdiri
dari sebelas sub bab. Pada sub bab pertama membahas mengenai penilian,
pengukuran dan evaluasi. Pada sub bab kedua membahas mengenai penilaian yang
berbasis kelas baik dalam penegrtiannya,tujuan, konteks, prinsip,
karekteristik, dan rambu-rambu dalam penilaian berbasis kelas. Pada sub bab
ketiga membahas mengenai penilaian dengan tes. Sub bab keempat membahas
mengenai penilaian kinerja, disini dijelaskan pengertian dan teknik penilaian
unjuk kerja. Penilaian sikap dibahas pada sub bab ini, yaitu sub bab kelima,
baik pengertian dan teknik penilaian sikap. Penilaian proyek dibahas dalam sub
bab keenam. Penilaian produk dibahas dalam sub bab ketujuh. Pada sub bab
kedelapan membahas mengenai penilaian portofolio,baik pengertian, hal-hal
penting dalam portofolio, keuntungan, pemanfaatan, teknik penilaian dengan
portofolio. Penilaian diri (self assesment) dibahas dalam sub bab kesembilan.
Pada sub bab kesepuluh membahas mengenai langkah-langkah pelaksanaan penilaian.
Dalam sub bab yang terahir dibahas mengenai pengelolaan hasil penilaian, dalam
sub bab ini membahas mengenai hasil penilaian serta interpretasi hasil
penilaian dalam menetapkan ketuntasan belajar. Pada bab yang terakhir,yaitu bab
ketiga terdiri atas dua sub bab, yang pertama yaitu evaluasi dan yang kedua
yaitu refleksi.
Buku
karya Prof. Dr. H. Sarwiji Suwandi, M.Pd ini membahas mengenai penilaian dengan
cukup baik. Pemaparan isi buku ini sangat detail. Dimana, persoalan yang
ditampilkan yaitu melalui pemberian contoh serta pemberian soal-soal kepada
pembaca. Penyusunan buku ini juga sudah cukup baik, koherebsi antara bab yang
satu ke bab yang selanjutnya sudah cukup berkoherensi. Bahasa yang digunakan
dalam buku ini juga mudah untuk dimengerti, dimana jika ada kata istialah atau
bahasa asing selalu disertai dengan penjelasannya atau pengertiannya. Uurannya
yang kecil pada buku ini memudahkan untuk dibawa serta penulisannya yang tidak
terlalu kepinggir, membuat buku tidak sulit untuk dibaca. Isi yang dijelaskan
secara detail serta adanya bagan ataupun gambar yang disertai sumber gambar
tersebut menjadi kelebihan dari buku ini. tetapi sayangnya, pengulangan yang
sering terjadi diantara paragraf yang satu dengan paragraf selanjutnya, menjadi
kekurangan dalam buku ini.
1 komentar:
nuri fijiastuti
Mindmap dan pengembangan dalam laporan buku ini sudah sesuai. Namun, masih ada kekurangan dalam laporan buku. Ada beberapa penggunaan kata "dimana" yang melanggar kaidah kalimat efektif. Contohnya "Dimana, persoalan yang ditampilkan yaitu melalui pemberian contoh serta pemberian soal-soal kepada pembaca". Kata "dimana" seharusnya tidak digunakan dalam kalimat ini, karena kalimat ini menjadi tidak efektif.
Posting Komentar