Kamis, 29 Desember 2011

resensi buku tes dan mind map Gesa


Pegangan Pengajar Bahasa
Oleh Gesa Nurdiyanti

Judul                                     : Tes Bahasa : Pegangan Bagi Pengajar Bahasa
Penulis                                                 : Prof. Dr.M. Soenardi Sarwiji
Penerbit                              : PT Indeks Jakarta
Tahun Terbit                      : 2008, cetakan I
Jumlah Halaman               :256 Halaman
Kategori                               : Bahasa
Teks Bahasa                       : Indonesia
Penyunting                         : Bambang Sarwiji
ISBN                                      : 979-683-881-8

Buku Tes Bahasa : Pegangan Bagi Pengajar Bahasa merupakan buku yang ditulis oleh Prof. Dr.M. Soenardi Sarwiji. Di dalam buku ini mengulas berbagai masalah mengenai tes bahasa, baik secara umum maupun tes bahasa secara khusus.  Dewasa ini, buku tes bahasa belum cukup tersedia, sedangkan pembelajaran bahasa saat ini semakin luas dan beragam, oleh karena itu, buku ini sangat membantu sekali untuk para pengajar maupun pembuat tes.

Buku yang ditulis oleh Prof. Dr.M. Soenardi Sarwiji, menjelaskan mengenai tes bahasa yang disajikan secara mendalam. Sedikit ulasan mengenai isi buku ini. Bab 1 : evaluasi kemampuan bahasa : mengetengahkan fungsi tes bahasa dalam penyelenggaraan pembelajaran. Bab 2 : pendekatan tes bahasa : menyajikan beberapa cara memandang dan memahami bahasa yang berbeda-beda, sesuai dengan perkembangan ilmu bahasa yang menjadi dasar dan latar belakang masing-masing pendekatan dalam penyelenggaraan pembelajaran bahasa dan tes bahasa yang digunakan. Bab 3 : jenis tes secara umum : membahas jenis dan ciriciri tes sebagaimana dikenal dan digunakan dalam wacana tentang tes pada umumnya. Bab 4 : Jenis tes bahasa : membahas tes yang khusus hanya dikenal dan digunakan dalam pembelajaran bahasa. Bab 5 : ciri-ciri tes yang baik : tentang bahasan hakekat, jenis dan cara verivikasinya yang dapat diterapkan pada tes berbagai bidang kajian, termasuk tes bahasa. Bab 6 : penyusunan tes: penerapan dalam merencanakan dan menyusun tes. Bab 7 : analisis hasil tes : : bagaimana skor diperoleh sebagai hasil penyelenggaraan tes yang telah disusun. Bab 8 : interpretasi hasil tes : bagaimana hasil tes itu diinterpretasikan menjadi hasil akhir berupa nilai akhir.

Berdasarkan isi yang dipaparkan didalam buku ini, dapat terlihat jenis dari buku Tes Bahasa. Buku Tes Bahasa ini termasuk jenis buku non fiksi. Jika dibandingkan dengan buku lain, buku ini mempunyai persamaan dan perbedaan, baik dilihat dari segi isi buku, maupun mengenai teknis buku ini. Jika dibandingkan dengan buku Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan yang ditulis oleh Suharsimi, kedua buku ini mempunyai persamaan dan perbedaan. Persamaan dari kedua buku ini yaitu kedua buku ini membahasa mengenai evaluasi. Sedangkan perbedaan dari kedua buku ini yaitu pada buku Dasar-dasar Evaluasi terdapat ranah-ranah pembeljaran (taksonomi Bloom) sedangkan dalam buku Tes Tes Bahasa tidak membahas tersebut.

Buku ini sangat bermanfaat bagi pengajar maupun pembuat tes bahasa. Isi yang disajikan dalam buku ini dipaparkan dengan sangat luas,di dalam buku ini juga disertai contoh-contoh serta rumus-rumus perhitungan dalam tes bahasa. Disetiap bab dari buku ini,juga disertai ringkasan dan soal-soal mengenai bab tersebut.
Namun, di dalam buku teks ini, penjelasan  yang disampaikan, seringkali terjadi pengulangan disetiap paragrafnya. Ketika inti dari paragraf pertasma telah disebutkan, pada paragraf berikutnya seringkali inti tersebut diulang kembali, tidak hanya disatu paragraf itu saja, tetapi juga di paragraf lainnya.

Dilihat keseluruhan mengenai buku ini, buku ini sudah sangat baik. Baik dalam kerangka penulisannya yang sudah berkoherensi antara satu paragraf dengan paragraf berikutnya maupun antar bab. Menegenai isi buku tersebut, isinya sangatlah bermanfaat dan sangat membantu bagi pengajar, terutama pengajar bahasa. Bahasa yang digunakan dalam buku ini juga sangat baik, bahasa Indonesia yang digunakan mudah sekali dimengerti, jikalau ada penulisan asing, selalu ada penejelsannya,ini sangat memudahkan pembaca. Mengenai teknis dalam buku ini,juga sudah sangat baik, cover buku cukup menarik, dan buku juga tidak mudah lepas atau robek. Tata letak penulisan juga sudah pas, tidak terlalu kepinggir ataupun ke atas atau ke bawah.


1 komentar:

KEBULAN mengatakan...

Nuri Fijiastuti

Peresensi sudah membuat resensi ini dengan baik. Peresensi membuat mindmap terlebih dahulu guna memperlancar pembuatan resensi. Mindmap sebagai perencanaan dalam resensi ini sudah sesuai dengan pengembangannya. Secara keseluruhan resensi yang dibuat oleh peresensi sudah baik.