Mind Map Jurnal
Skripsi
Pengaruh Strategi
Practice Rehearsal Pairs Terhadap
Kemampuan Menulis
Laporan Pengamatan Siswa Kelas VIII SMPN 77 Jakarta Pusat Karya Uswatun
Khasanah
Pengaruh Strategi
Practice Rehearsal Pairs Terhadap
Kemampuan Menulis
Laporan Pengamatan Siswa Kelas VIII SMPN 77 Jakarta Pusat
Karya Uswatun
Khasanah
Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
strategi practice rehearsal pairs
terhadap kemampuan menulis laporan pengamatan siswa kelas VIII SMPN 77 Jakarta
Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen dengan
fokus strategi pembelajaran practice
rehearsal pairs dan objek kemampuan menulis laporan pengamatan. Berdasarkan
hasil analisis, thitung lebih besar daripada ttabel, berarti Ho ditolak dan Hi
diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh
strategi practice rehearsal pairs
terhadap kemampuan menulis laporan pengamatan siswa kelas VIII SMPN 77 Jakarta
Pusat
1.
Pendahuluan
Latar Belakang
Menulis merupakan kemampuan
berbahasa, selain menyimak, berbicara dan membaca. Melalui menulis, kita dapat
berkomunikasi dengan orang lain secara tidak langsung, yakni antara penulis dan
pembaca. Selain itu, dapat pula mengeksperesikan berbagai perasaan, ide,
gagasan, melalui menulis. Secara tersirat, dengan menulis akan membantu
menginformasikan suatu hal atau masalah kepada orang lain.
Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, salah satu
kemampuan yang harus dikuasai siswa SMP adalah kemampuan menulis laporan.
Berdasarkan kompetensi yang harus dicapai, pembelajaran menulis laporan terbagi
menjadi dua jenis, yaitu laporan perjalanan dan laporan pengamatan.
Standar kompetensi yang berkaitan dengan menulis laporan
adalah menggunakan informasi
dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk. Kompetensi dasarnya terbagi menjadi tiga, yakni: (1)
menulis dengan bahasa yang baik dan benar, (2) menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika
yang tepat dan bahasa yang
baku, (3) menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif.
Penelitian ini
mengambil jenis laporan pengamatan karena siswa masih mengalami kesulitan dalam
penulisan laporan pengamatan, hal tersebut berdasarkan pengamatan yang
dilakukan di SMPN 77 Jakarta Pusat. Penelitian ini memberi alternatif dalam
pembelajaran menulis laporan pengamatan di sekolah. Sebuah strategi
pembelajaran yang diharapkan dapat membantu guru dalam memvariasikan strategi
pembelajaran menulis kepada siswanya, khususnya menulis laporan pengamatan.
Penelitian ini menawarkan sebuah strategi yang mampu
membantu kesulitan siswa dalam mengembangkan kemampuan menulis laporan
pengamatan. Sebuah strategi pembelajaran yang menuntut siswa aktif dengan teman
sebaya dalam mendemonstrasikan sebuah informasi secara berpasangan. Kegiatan
mendemonstrasikan membuat siswa saling berbagi pikiran dan pengalaman yang
berkaitan dengan suatu hal.
Perencanaan strategi tersebut terangkum dalam strategi practice rehearsal pairs, yakni strategi
pembelajaran aktif yang menuntut siswa lebih berkontribusi dalam proses belajar
mengajar di kelas. Strategi yang menitikberatkan kepada aktivitas siswa dalam
memperoleh pelajaran. Siswa diarahkan pada pembelajaran berupa latihan praktik
berpasangan dengan teman sebayanya dalam memahami informasi tentang suatu
materi melalui kegiatan demonstrasi. Diharapkan siswa mendapatkan pelajaran
tidak hanya melalui guru tetapi melalui teman sebayanya.
Tujuan
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
strategi practice rehearsal pairs
terhadap kemampuan menulis laporan pengamatan siswa kelas VIII SMPN 77 Jakarta
Pusat.
2.
Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen yang dimaksudkan untuk melihat apakah
kemampuan menulis laporan pengamatan siswa dengan menggunakan strategi practice rehearsal pairs dengan siswa
yang tidak menggunakan practice rehearsal
pairs meghasilkan nilai yang bebeda. Desain penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini digambarkan desain control
group pretest dan postest.
Cara Pengambilan Data
Pengambilan data dilaksanakan di
kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pemberian perlakuan dengan menggunakan
strategi practice rehearsal pairs pada
kelas eksperimen diharapkan dapat berdampak positif pada kemampuan laporan
pengamatan. Kemudian data yang didapat dari hasil tes kemampuan menulis laporan
pengamatan pada kelas eksperimen tersebut akan diteliti untuk dibandingkan
dengan data dari kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi practice rehearsal pairs.
3.
Hasil dan Pembahasan
Dari hasil perhitungan data penelitian, dapat dilihat hasil
menulis laporan pengamatan siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi practice rehearsal pairs lebih baik
daripada siswa yang tidak diajarkan dengan strategi tersebut. Hal ini diketahui
dari rentangan skor dan perhitungan nilai pretes dan postes yang diperoleh dari
dua kelompok yang menjadi sampel penelitian ini.
Rentangan nilai menulis laporan pengamatan pada kelas
eksperimen saat prates antara 28-58 dan mencapai nilai rata-rata 42, sedangkan
rentangan nilai menulis laporan pengamatan saat postes antara 58-91 dan mencapai
nilai rata-rata 75,67. Berdasarkan nilai rata-rata pada prates dan postes,
kelas eksperimen mengalami kenaikan nilai sebesar 33,83 angka sedangkan kelas
kontrol mengalami kenaikan sebesar 19,63 angka.
Dapat
dikatakan bahwa hasil belajar menulis laporan pengamatan siswa pada kelas
eksperimen sudah baik. mereka telah dapat menulis laporan pengamatan dengan
beberapa kriteria yang sudah ditentukan. Siswa kelas eksperimen umumnya mampu
menuliskan laporan pengamatan dengan baik dan cukup mampu memperkaya tulisan
dengan sumber data yang lebih banyak dibandingkan saat pretes. Hal ini
menunjukkan telah ada perkembangan pada kemampuan siswa dalam menulis laporan
pengamatan.
2 komentar:
Secara keseluruhan dapat saya katakan bahwa mindmap yang dibuat oleh Rachma sudah sesuai dengan pengembangannya. Namun ada satu yang kurang, Rachma tidak mencantumkan sumber rujukan/daftar pustaka.
Rchma juga tidak membuat abstrak pada tulisannya.
Terlepas dari itu, argumen yang telah dibuat Rachma cukup ringkas namun tetap dapat ditangkap intisarinya secara jelas dan terstruktur.
Terima kasih.
[FIFY FILDZAH HABIBAH (2115091110)
KELAS 3-B
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA-FBS-UNJ]
Hilda Septiani (2115090050)
Jurnal ilmiah yang dibuat oleh Rachma secara keseluruhan dapat dikatakan baik. pengembangan dan mindmap yang dibuat penulis sudah sesuai. Namun dalam menulis abstrak, Rachma terlalu singkat, dan tidak menyampaikan data skripsi yang menjadi rujukan.
namun secara keseluruhan pengembangan yang dibuat baik. Terima kasih.
Posting Komentar