Minggu, 13 November 2011

Mengenal Lebih Dekat Tes Bahasa
oleh Umi Chairunnisa

Dalam penyelenggaraan pembelajaran bahasa, sebagaimana halnya dalam penyelenggaraan pembelajaran bicang-bidang yang lain, evaluasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari penyelenggaraan pembelajaran secara keseluruhan.


Judul                : Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar Bahasa
Penulis             : Prof. Dr. M. Soenardi Djiwandono
Penerbit           : PT Indeks
Cetakan           : I, 2008
Tebal               : 260 Halaman
ISBN                : 979-683-881-8



Sebagai suatu pembelajaran, pembelajaran bahasa diselenggarakan untuk mencapai sejumlah tujuan pembelajaran yang telah diidentifikasi dan dirumuskan berdasarkan telaah mendalam terhadap kebutuhan yang perlu dipenuhi. Tujuan-tujuan pembelajaran tersebut harus diupayakan dan diselenggarakan dengan matang dan seksama, agar dapat berjalan secara semestinya. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, maka diperlukan rangkaian kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan bahan ajar dan latihan yang teliti. Upaya untuk memastikan ketercapaian tujuan pembelajaran itu maka diselenggarakan rangkaian evaluasi terhadap hasil pembelajaran yang telah dilakukan dalam kurun waktu tertentu.
Evaluasi sendiri secara umum adalah suatu upaya pengumpulan informasi tentang penyelenggaraan pembelajaran sebagai dasar untuk pembuatan berbagai keputusan. Dalam penyelenggaraan pembelajaran sendiri, evaluasi merupakan suatu kegiatan untuk melakukan penilaian terhadap seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Penilaian ini bisa dalam bentuk observasi, wawancara, pengisian kuisioner dan tes.
Termasuk dalam bahasa, terdapat tes bahasa yang dimaksudkan sebagai suatu alat atau prosedur yang digunakan dalam melakukan penilaian dan evaluasi pada umumnya terhadap kemampuan bahasa dengan melakukan pengukuran terhadap tingkat kemampuan bahasa. Pengukuran ini dimaksudkan untuk menentukan tingkat kemampuan dalam penguasaan bahasa. Namun, dalam pemahaman tes bahasa sendiri terdapat beberapa pendapat yang sesuai dengan pendekatan-pendekatan berbeda. Begitu juga dengan jenis-jenis tes secara umum dan jenis-jenis tes secara khusus yang menjelaskan tentang bahasa.
Penjelasan-penjelasan itu dijelaskan dengan sangat baik oleh Prof. Dr. M. Soenardi Djiwandono. Dengan tujuan sebagai buku pegangan dalam pembelajaran bahasa, buku ini sangat membantu dalam memahami evaluasi bahasa. Penulis memaparkan dengan bahasan yang baik tentang landasan dan latar belakang penyelenggaraan tes bahasa pada bab (1) Evaluasi Kemampuan Bahasa, yang mengetengahkan fungsi tes bahasa dalam penyelenggaraan pembelajaran bahasa pada umumnya. Dilanjutkan dengan bab (2) Pendekatan Tes Bahasa, yang menyajikan beberapa cara memandang dan memahami bahasa yang berbeda-beda, sesuai dengan perkembangan ilmu bahasa yang menjadi dasar dan latar belakang masing-masing pendekatan dalam penyelenggaraan pembelajaran bahasa, dan tes bahasa yang digunakan.
Bagaimana tes bahasa dapat dibedakan satu dari lainnya, dikupas rinciannya bab (3) Jenis Tes Secara Umum, yang memabahas jenis dan ciri-ciri tes sebagaimana dikenal dan digunakan dalam wacana tentang tes pada umumnya. Kemudian disajikan pada bab (4) Jenis Tes Bahasa, yang membahas tes yang khusus hanya dikenal dan digunakan dalam pembelajaran bahasa. Pembahasan tentang tolak ukur mutu tes dikupas di bab (5) Ciri-ciri Tes yang Baik, dengan bahasan tentang hakekat, jenis, dan cara verifikasinya yang dapat diterapkan pada tes berbagai bidang kajian, termasuk tes bahasa.
Penerapan berbagai pokok bahasan tentang seluk beluk tes di Bab 1 sampai dengan bab 5 dilanjutkan dengan bab tentang penerapannya dalam merencanakan dan menyusun tes pada bab (6) Penyusunan Tes. Bagaimana skor yang diperoleh sebagai hasil penyelenggaraan tes yang telah disusun itu dibahas pada bab (7) Analisis Hasil Tes, sedangkan bagaimana hasil tes itu diinterpretasikan menjadi hasil akhir berupa nilai akhir, dikupas pada bab (8) Interpretasi Hasil Tes, yang merupakan bab terakhir dari buku ini.
Sebagai buku penunjang, buku ini sangat bermanfaat dalam menyelenggarakan dan memproses hasil tes yang diselenggarakan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari tugas pengajar. Tak hanya itu, seperti yang disebutkan oleh penulisnya dalam kata pengantar bahwa buku ini dimaksudkan untuk melengkapi ketersediaan bahan rujukan bidang tes bahasa yang hingga dewasa ini pada umumnya masih ditulis dalam bahasa asing. Buku ini diharapkan penulis sebagai buku tes pembelajaran bahasa bagi pengajar di berbagai tingkat dan jenjang pendidikan.
Dari ulasan ringkasan dan alasan pengarang menulis buku ini dapat dinyatakan bahwa buku ini merupakan buku pengayaan pengetahuan jenis IPS dan Humaniora. Cukup banyak buku serupa dengan buku ini, seperti salah satunya buku Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan karangan Suharsimi Arikunto. Bila dibandingkan dari segi konten, buku ini sama-sama membahas tentang evaluasi. Namun dari cara pembahasan dan bahasannya pun banyak perbedaan. Seperti halnya materi yang disajikan. Buku karangan Suharsimi Arikunto membahas tes secara umum, sedangkan buku Tes Bahasa sendiri membahas tes lebih khusus, yakni tes bahasa.
Bicara tentang evaluasi, buku ini mengupas tentang berbagai masalah yang ada kaitannya dengan tes bahasa secara mendalam. Buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh dan ulasan yang lebih lengkap, termasuk rumus-rumus penghitungan yang sering digunakan untuk mengungkap berbagai aspek dan ciri tes, khususnya tes bahasa. Bila dilihat secara menyeluruh, isi buku ini memang sangat membantu dalam memahami tes bahasa. Sayangnya ada beberapa contoh-contoh yang kurang dimengerti, seperti contoh-contoh yang hanya dijelaskan dengan bagan sedangkan penjelasannya sendiri menggunakan rumus-rumus yang cukup rumit.
Dari uraian di atas maka dapat dinyatakan bahwa buku ini dapat dibaca oleh siapa saja. Terutama adalah pengajar di berbagai tingkat pendidikan. Hal ini karena bahasan buku ini mengulas tentang tes bahasa, dimana beberapa pengajar sangat membutuhkan banyak referensi untuk kegiatannya dalam menilai dan mengukur kemampuan bahasa peserta didiknya. Tak hanya pengajar, peserta didik setingkat mahasiswa yang berhubungan dengan bidang pendidikan juga membutuhkan buku ini untuk bahan rujukan ketika menyusun tes, terutama tes bahasa.

MIND MAP

2 komentar:

anisa lastari mengatakan...

berangkat dari sebuah kalimat pembuka yang menarik, resensi ini kemudian mendalami isi buku secara baik pula. sistematika yang tepat membuat pembaca lebih mudah menangkap hal-halpenting dalam resensi ini. resensi yang menarik dan sangat bermanfaat. memberi informasi yang lengkap kepada pembaca mengenai buku yang diresensi. selain itu penulis juga membandingkan buku Tes Bahasa ini dengan buku lainnya yang sejenis sehingga dapat dijadikan bahan referensi bagi pembaca sebelum membeli buku ini, karena telah mengetahui konten, keunggulan, dan perbedaan buku ini dengan buku lainnya.

Anonim mengatakan...

Resensi dibuat tentunya untuk mempromosikan sebuah buku baru sehingga banyak pembaca yang ingin membaca dan memilikinya, sehingga cara penulisan resensi haruslah menarik perhatian. Dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti, Umi telah menyajikan resensi dengan sangat baik.
selain itu mind map yang dibuatnya telah dikembangkan dengan baik sehingga isi dari resensinya terkontrol dengan baik dan tidak keluar jalur.
Cahyo Baskoro
2115091856