DATA BUKU
· Judul : Tes Bahasa, Pegangan Bagi Pengajar Bahasa
· Penulis : Prof. DR. M. Soenardi Dwiwandono
· Cetakan : I, 2008
· Tebal :
260 + xiv halaman
· ISBN :
979-683-881-1
Tes Bahasa: Sebuah Pedoman
Penilaian Bahasa
Oleh Rachma Putri Rahayu
Prof. DR. M. Soenardi Dwiwandono menyadari
saat ini kurangnya buku pegangan tentang tes bagi para pengajar bahasa di berbagai jenjang
pendidikan, yang merupakan suatu bagian penting dari pembelajaran bahasa, padahal
penyelenggaraan pembelajaran bahasa berkembang sesuai dengan tuntutan kurikulum.
Pada kebutuhan itulah kemudian Profesor dari Universitas Negeri Malang menyusun
buku Tes Bahasa. Terlihat jelas dari
judulnya, buku ini mengulas mengenai tes pada umumnya dan tes bahasa pada
khususnya. Kupasan diawali dengan bahasan Evaluasi
Kemampuan Bahasa pada bab 1,
berisi latar belakang penyelenggaraan tes bahasa menjelaskan mengenai hakekat
dan kedudukan evaluasi dalam pembelajaran, tujuan dan kegunaan evaluasi
kemampuan bahasa, sampai dengan sasaran evaluasi kemampuan bahasa. Dilanjutkan dengan bab 2 Pendekatan Tes Bahasa yang membahas perkembangan ilmu bahasa dan
penerapannya pembelajaran dan aplikasinya terhadap tes.
Dalam bab 3, pembaca disuguhkan
dengan Jenis Tes Secara Umum berisi
pengelompokkan tes. Terbagi atas jenis tes berdasarkan cara penskoran, cara
penyusunan, cara menafsirkan skor, tujuan penyelenggaraan, serta jenis tes
berdasarkan fungsi dalam penyelenggaraan pembelajaran. Dilanjutkan klasifikasi
tes yang lebih khusus, yaitu Jenis Tes
Bahasa pada bab 4. Dibedakan atas jenis tes bahasa berdasarkan pendekatan
kajian bahasa, sasaran tes, serta tes bahasa khusus. Setelah mengenalkan jenis-jenis
tes, penulis melanjutkan kepada Ciri-ciri
Tes yang Baik pada bab 5, mengulas mengenai hal-hal apa saja yang menjadi
syarat tes baik.
Setelah merinci mengenai tes pada
bab 1 sampai bab 5, penulis memaparkan mengenai perencanaan penyusunan tes pada
bab 6 Penyusunan Tes. Lalu
dilanjutkan teknik memproses nilai hasil penyelenggaraan tes pada bab 7, Analisis Hasil Tes. Bab terakhir buku
ini membahas penginterpretasikan hasil tes menjadi nilai akhir.
Sebenarnya buku rujukan yang
bermanfaat membantu dalam menyusun, menyelenggarakan dan memproses hasil tes
yang diselenggarakan pengajar sudah banyak beredar di pasaran. Lihat saja Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan yang
ditulis oleh Prof. Dr. Suharsimi Arikunto , mengusung pedoman penilaian secara
teknis. Serupa dengan buku Tes Bahasa yang merupakan buku pengayaan pendidikan
nonfiksi, buku Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan mengulas mengenai tes di bidang pendidikan. Pada titik inilah,
kiranya buku Tes Bahasa benar-benar mengisi kekosongan akan pedoman penilaian
bahasa karena selama ini buku yang beredar kebanyakan masih membahas tes secara
umum dan pengaplikasian terhadap penilaian bahasanya tidak ada.
Profesor Soenardi menyajikan materi secara
sistematis, dimulai dari pengenalan teori tes kemudian dikhususkan kepada tes
bahasa lalu pengaplikasian tes bahasa tersebut ke dalam penilaian. Kesistematisan
itu didukung pula dengan adanya rumusan butir-butir intisari dari bab yang
bersangkutan berupa Ringkasan di setiap
akhir bab untuk memfasilitasi pemahaman isi dan antar hubungan hal-hal yang
telah dibahas. Lalu ketersediaan Pertanyaan
Untuk Diskusi, sejumlah pertanyaan tentang hal-hal yang berkaitan dengan
isi bab, dimaksudkan untuk memperkaya. Pengorganisasian tersebut sungguh
menarik sehingga memudahkan pengguna buku memahami dan menerapkan pemahamannya.
Secara substansial, buku berbahasa
formal ini sangat edukatif dan baik bagi pengajar bahasa yang tengah menjalani
profesinya, maupun mahaiswa yang tengah mempersiapkan diri atau meningkatkan
kualifikasinya sebagai pengajar bahasa. Sayangnya, penulis menjelaskan materi
terlalu bertele-tele sehingga sering terjadi pengulangan ide di paragraf
berikutnya. Namun ukuran huruf yang tidak terlalu rapat membuat pembaca nyaman
dalam membaca buku yang diterbitkan oleh PT Indeks.
2 komentar:
Mindmap tidak terbaca, ini merupakan kekurangan teknis dari hasil pekerjaan Rachma.
Dari segi argumen, Rachma menyuguhkan kalimat-kalimat kritis yang langsung ke inti. Bahasa yang digunakan Rachma sangat jelas dan terarah sehingga memudahkan saya dalam memahami resensi karya Rachma.
Kualitas isi yang disajikan Rachma sangat padat dalam resensi yang panjangnya sudah di taraf standar (tidak terlalu panjang dan pendek)
Terima Kasih.
FIFY FILDZAH HABIBAH (211509110)
Hilda Septiani (2115090050)
Menurut saya, resensi yang saudara Rachma baik. dalam menulis resensi, penulis berpegang pada teori Gorys Keraf yaitu terdapat latar belakang, macam dan jenis buku serta kekurangan dan kelemahan buku. penyampaian gagasan penulis terbilang cukup singkat dan jelas, namun akibat ukuran mind map yang terlalu kecil sehingga tidak terbaca jelas, maka saya tidak bisa membandingkan kesesuaian pengembangan dan mind map yang dibut. terlepas dari kekurangan teknis tersebut, tulisan ini dapat dikatakan baik.
Posting Komentar