Sabtu, 19 November 2011


Ismah Ifadoh Aprilia (2115091878) 3 B
Tugas Resensi Buku Tes Bahasa: Pegangan Bagi pengajar
Penulis Prof. Dr. M. Soenardi Djiwandono

Rahasia Pembuatan Tes Bahasa
Judul               : Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar Bahasa
Penulis             : Prof. Dr. M. Soenardi Djiwandono
Penerbit           : Indeks
Tahun terbit     : 2008
Jumlah halaman: 260
Cetakan           : Pertama, 2008
ISBN               :979-683-881-1
            Penulisan buku Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar dipicu oleh kesadaran bahwa hingga saat ini belum cukup tersedia buku pegangan tentang tes bahasa, suatu bagian penting dari pembelajaran bahasa yang merupakan bagian dari kurikulum pembelajaran bahasa, termasuk pembelajaran bahasa asing, yang kebutuhan dan penyelenggaraannya hingga saat ini semakin luas dan beragam. Penulis dari buku ini merupakan pekerja dalam dunia pendidikan, yaitu seorang dosen di Universitas Negeri Malang.
            Tema yang diangkat dalam buku Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar adalah prosedur pelaksanaan tes. Yang dikembangkan dengan pemaparan isi yang lebih kompleks.
   Dalam buku ini terdapat delapan bab. Bab pertama: dalam penyelenggaraan pembelajaran terdapat tiga komponen, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi hasil pembelajaran. Bab kedua: bahasa sebagai objek kajian dapat ditelaah dengan berbagai cara. Masing-masing cara itu melahirkan pendekatan yang memiliki ciri-cirinya sendiri. Bab ketiga: tes dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu tes yang digunakan dalam berbagai bidang dan tes yang digunakan dalam bidang bahasa. Bab keempat: jenis tes bahasa, yang membahas tes khusus hanya dikenal dan digunakan dalam pembelajaran bahasa. Bab kelima: tes berfungsi baik apabila sesuai (valid) dengan kemampuan yang menjadi sasaran tes, memberikan hasil yang ajeg (reliabel), dan dapat dilaksanakan tanpa terlalu banyak kesulitan (praktis). Bab keenam: dua tahapan penyusunan tes meliputi (1) penyusunan rencana tes, dan (2) penyusunan perangkat tes. Bab ketujuh: langkah-langkah yang perlu dilakukan setelah melaksanakan tes meliputi penskoran pekerjaan peserta tes, pengolahan skor hasil tes, dan analisis tes secara keseluruhan. Bab kedelapan: tahap penskoran berakhir dengan penetapan skor. Penetapan skor masih harus ditafsirkan untuk memperoleh makna yang lebih fungsional melalui tahap penilaian yang akan mengubah skor menjadi nilai, yang seringkali disebut nilai akhir.
Buku karya Prof. Dr. M. Soenardi Djiwandono merupakan jenis buku pengajaran pengetahuan IPS dan humaniora. Jika dibandingkan dengan buku karya Suharsimi yang berjudul Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan terlihat perbedaan dari kedua buku ini. Berbeda dengan buku karya Suharsimi, dalam buku Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar tidak dibahas mengenai tingkatan berpikir. Padahal tingkatan berpikir dapat digunakan untuk menentukan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dalam peenyusunan tes.
Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar sangat memudahkan dalam penyusunan tes. Contoh-contoh dari masinng-masing sub bab dalam buku ini lebih memberi gambaran kepada pembaca, sehingga pembaca lebih memahami isi buku. Prof. Dr. M. Soenardi Djiwandono juga dapat menyusun bukunya ssecara sistematis. Bagian antar bab dengan bab lain saling berhubungan yang membuat pembaca terorganisir dalam membaca buku ini. Bahasa yang digunakan oleh penulispun dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca, karena penulis menggunakan bahasa formal. Tatanan huruf, jarak antar sisi-sisi buku membuat pembaca tidak cepat bosan, karena penggunaan huruf yang sesuai dan jarak sisi buku yang tidak terlalu sempit. Penggunaan kertas serta tampilan buku membuat pembaca tertarik untuk membaca buku ini. Namun ada sedikit keganjlan di balik  Prof. Dr. M. Soenardi Djiwandono menulis buku ini, dalam buku ini ada beberapa pembahasan yang diulang. Misalnya bab pertama sudah membahas, tapi dalam bab lima dibahas kembali.
Buku karya Prof. Dr. M. Soenardi Djiwandono yang berjudul Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar tidak hanya baik digunakan oleh guru yang akan menyusun tes saja, buku ini juga baik digunakan oleh mahasiswa tingkat s1 program studi pembelajaran bahasa. Buku ini sangat membantu dalam prosedur melaksanakan tes. Dimulai dari tahap awal sampai tahap berakhirnnya tes.

MIND MAP


 

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Rachma Putri Rahayu – 2115091874

Menurut saya, resensi yang saudara Ismah baik. Beliau menulis resensi dengan berpegang pada teori Gorys Keraf yaitu terdapat latar belakang, macam dan jenis buku serta kekurangan dan kelemahan buku. Konten isi resensi baik terbukti dari penjabaran yang baik menunjukkan bahwa saudara Ismah menguasai isi buku. Saudara Ismah cukup baik memanfaatkan mind map terbukti dari pengembangannya sudah sesuai dengan mind map yang beliau buat. Namun sayang, organisasi pengembangan ide masih terlompat-lompat seperti pada paragraf satu, beliau langsung memaparkan alasan penulis buku kemudian di paragraf dua menjelaskan tema buku. Bagi orang yang membaca, mungkin akan sedikit kaget dengan “ketiba-tibaan” tersebut.
Secara teknis, saudara isma kurang memperhatikan syarat paragraf, diantaranya kesatuan dan kesepadanan. Contoh dalam paragraf lima “Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar sangat memudahkan dalam penyusunan tes. Contoh-contoh dari masinng-masing sub bab dalam buku ini lebih memberi gambaran kepada pembaca, sehingga pembaca lebih memahami isi buku”. Masih di paragraf lima, saudara Isma menempatkan tanda koma (,) sebelum karena yang kurang tepat pada kalimat “Bahasa yang digunakan oleh penulispun dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca, karena penulis menggunakan bahasa formal.” Dan juga pada kalimat “Tatanan huruf, jarak antar sisi-sisi buku membuat pembaca tidak cepat bosan, karena penggunaan huruf yang sesuai dan jarak sisi buku yang tidak terlalu sempit.”

KEBULAN mengatakan...

Menurut saya, resensi yang buat oleh penulis sudah baik. Antara mind map dan pengembangannya sudah sesuai dan saling berkaitan.
Penjabaran dari segi isi pun sudah cukup baik karena sesuai dengan teori resensi Gorys Keraf. Sehingga sistematika penulisannya sudah tepat.
Saudara Ismah mencantumkan identitas buku dengan cara mengurutkan poin-poin dengan lengkap.

KEBULAN mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
KEBULAN mengatakan...

Menurut saya, resensi yang dibuat oleh penulis sudah baik. Antara mind map dan pengembangannya sudah sesuai dan saling berkaitan.
Penjabaran dari segi isi pun sudah cukup baik karena sesuai dengan teori resensi Gorys Keraf. Sehingga sistematika penulisannya sudah tepat.
Saudara Ismah mencantumkan identitas buku dengan cara mengurutkan poin-poin dengan lengkap.Lalu,penulis memaparkan dengan singkat tetapi jelas mengenai isi buku dari bab per bab. Penulis pun sudah menyajikan kekurangan dan kelebihan buku secara lengkap dengan porsi yang seimbang.

Ratih Sukmaning Tyas 2115091883