KETIKA SEBUAH TES KEBAHASAAN MENJADI PERSOALAN
Oleh Nuri Fijiastuti
Judul
Buku : Tes Bahasa
Penulis : Prof.Dr.M. Soenardi Djiwandono
Penyunting : Bambang Sarwiji
Penerbit : PT Indeks, Jakarta
Cetakan : 2008
Tebal : 260 + xiv Halaman
Kategori : Pendidikan
ISBN : 979-683-881-8
Penulis : Prof.Dr.M. Soenardi Djiwandono
Penyunting : Bambang Sarwiji
Penerbit : PT Indeks, Jakarta
Cetakan : 2008
Tebal : 260 + xiv Halaman
Kategori : Pendidikan
ISBN : 979-683-881-8
Buku
Tes Bahasa karangan Prof.Dr.M. Soenardi Djiwandono merupakan buku pegangan bagi
para pengajar bahasa. Pada tahun 2008 bertempat di kota Jakarta Buku Tes Bahasa
ini diterbitkan oleh PT Indeks. Total ketebalan buku sebanyak 260 halaman
ditambah dengan 14 halaman pendukung lainnya. Dengan mengedepankan kategori
pendidikan buku ini mengangkat tema tentang seluk beluk tes kebahasaan. Sekarang
ini masalah tes bahasa semakin banyak, maka dengan adanya buku Tes Bahasa
karangan Prof.Dr.M. Soenardi Djiwandono diharapkan dapat membantu para pengajar
dalam pembuatan tes bahasa. Buku ini
mengupas tentang berbagai masalah yang
ada kaitannya dengan tes bahasa. Kupasan tersebut disajikan secara mendalam,
dilengkapi dengan contoh dan rumus yang akan digunakan dalam membuat tes
bahasa, serta mengungkap ciri serta aspek tes bahasa. Penulisan buku ini
bertujuan untuk melengkapi kekurangan ketersediaan buku pegangan tentang tes
bahasa serta untuk menyediakan rujukan dan panduan bagi para pengajar bahasa.
Selain itu, ditulisnya buku ini bermaksud untuk menyediakan buku rujukan dalam
bahasa Indonesia. Karena selama ini, buku rujukan dalam bidang tes bahasa hanya
ada dalam bahasa asing saja terutama bahasa Inggris.
Selain
buku Tes Bahasa ini, ada buku lain yang membahas tentang tes bahasa juga yaitu
buku Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan karangan Prof.Dr. Suharsimi Arikunto.
Dalam bukunya Suharsimi juga membahas tentang seluk beluk tes bahasa. Namun
perbedaannya, buku Tes Bahasa karangan Prof.Dr.M. Soenardi Djiwandono lebih
mudah dipahami daripada buku Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan karangan Prof.Dr.
Suharsimi Arikunto. Hal ini karena dalam menjelaskan teori Prof.Dr.M. Soenardi
Djiwandono menjelaskan secara gamblang teori tersebut dan pengertian-pengertian
teori tersebut. Berbeda dengan Prof.Dr. Suharsimi Arikunto yang banyak
memberikan contoh sebelum menjelaskan teori secara gamblang. Akan tetapi, bila
ditilik dari segi kelengkapan buku karangan Prof.Dr. Suharsimi Arikunto lengkap
dari buku Prof.Dr.M. Soenardi Djiwandono.
Buku
ini dibuat sedemikian mungkin agar pembacanya dapat mengerti secara jelas.
Terlihat dari pengorganisasiannya, buku ini merujuk pada hal-hal yang lebih
mudah hingga ke hal yang sulit. Pembahasan dalam buku ini dibuat serinci
mungkin agar pembaca dapat mengerti secara jelas. Penulis sangat cermat dalam
memberikan detail-detail isi buku tersebut. Pada bab satu, buku ini membahas
tentang evaluasi kemampuan bahasa yang mengetengahkan fungsi tes bahasa dalam
penyelenggaraan pembelajaran bahasa pada umumnya. Bab dua, menjelaskan tentang
pendekatan bahasa yang menyajikan beberaoa cara memandang dan memahami bahasa
yang berbeda-beda sesuai dengan perkembangan ilmu bahasa.
Hal-hal
tentang tes bahasa dikupas tuntas dalam bab tiga yang menjelaskan tentang
jenis-jenis tes secara umum. Pada bab empat, dibahas pula tentang jenis-jenis
tes bahasa secara khusus. Mengenai ciri-ciri tes bahasa yang baik dibahas pada
bab enam. Penerapan berbagai pokok bahasan tetang seluk beluk tes dilanjutkan dengan
membahas perencanaan dan penyusunan tes pada bab enam. Berbagai skor yang
diperoleh dari hasil penyelenggaraan tes tersebut dibahas pada bab tujuh
mengenai analisi hasil tes. Pada bab akhir buku ini dijelaskan mengenai
interpretasi hasil tes. Untuk memfasilitasi pemahaman pembaca dalam memahami
buku ini. maka penulis, membuatkan ringkasan pada setiap akhir bab. Demi
mempermudah pembaca memahami buku ini, maka penulis menggunakan kata-kata
denotatif dalam penulisan bukunya. Karena buku ini adalah buku ilmiah, maka
bahasa dalam buku ini adalah bahasa formal yang baku.
Mengenai
masalah teknik, buku karangan
Prof.Dr.M. Soenardi Djiwandono ini tidak
memiliki masalah teknik yang berarti. Pemilihan warna dasar pada halaman depan
buku ini sangat bagus. Penulis menggunakan warna biru yang melambangkan
ketenangan. Jadi, buku ini dapat menarik minat pembaca dari segi warnanya.
Namun bila warna biru digunakan secara berlebihan dalam buku ini, maka
akan memberi efek malas pada pembaca.
Kelemahan
yang dimiliki oleh buku ini adalah, tidak adanya atau tidak dicantumkannya
Taksonomi Bloom. Padahal, Taksonomi Blom sangat diperlukan dalam pembuatan tes.
Di dalam Taksonomi Bloom terdapat Kata Kerja Operasional yang akan digunakan
untuk pedoman pembuatan tes. Karena sealain adanya KKO Taksonomi Bloom juga
digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam mengerjakan soal. Jadi
seharusnya Taksonomi Bloom ini dibahas dalam buku ini. Telepas
dari kelemahan buku ini, buku ini wajib dimiliki oleh para pengajar bahasa.
Karena dengan adanya buku ini dapat membantu para pengajar bahasa untuk membuat
tes bahasa yang berkualitas. Selain itu,
buku ini juga dapat menjadi rujukan bagi para mahasiswa yang akan menjadi guru
bahasa.
1 komentar:
(SITI LUTFIAH)
Dari segi teknik penulisan sudah sangat baik dengan diksi yang sesuai EYD dan koherensi yang cukup baik.
Dari segi isi, pembahasan yang berbeda mengenai buku tes bahasa dengan pengulasan isi yang terperinci mengenai buku tes bahasa.
Posting Komentar