Selasa, 15 November 2011

KETIKA SEBUAH TES KEBAHASAAN MENJADI PERSOALAN Oleh Nuri Fijiastuti



KETIKA SEBUAH TES KEBAHASAAN MENJADI PERSOALAN
Oleh Nuri Fijiastuti


Judul Buku         : Tes Bahasa
Penulis               : Prof.Dr.M. Soenardi Djiwandono
Penyunting          : Bambang Sarwiji
Penerbit             : PT Indeks, Jakarta
Cetakan             : 2008
Tebal                 : 260 + xiv Halaman
Kategori             : Pendidikan
ISBN                 : 979-683-881-8

Buku Tes Bahasa karangan Prof.Dr.M. Soenardi Djiwandono merupakan buku pegangan bagi para pengajar bahasa. Pada tahun 2008 bertempat di kota Jakarta Buku Tes Bahasa ini diterbitkan oleh PT Indeks. Total ketebalan buku sebanyak 260 halaman ditambah dengan 14 halaman pendukung lainnya. Dengan mengedepankan kategori pendidikan buku ini mengangkat tema tentang seluk beluk tes kebahasaan. Sekarang ini masalah tes bahasa semakin banyak, maka dengan adanya buku Tes Bahasa karangan Prof.Dr.M. Soenardi Djiwandono diharapkan dapat membantu para pengajar dalam pembuatan tes bahasa.  Buku ini mengupas tentang  berbagai masalah yang ada kaitannya dengan tes bahasa. Kupasan tersebut disajikan secara mendalam, dilengkapi dengan contoh dan rumus yang akan digunakan dalam membuat tes bahasa, serta mengungkap ciri serta aspek tes bahasa. Penulisan buku ini bertujuan untuk melengkapi kekurangan ketersediaan buku pegangan tentang tes bahasa serta untuk menyediakan rujukan dan panduan bagi para pengajar bahasa. Selain itu, ditulisnya buku ini bermaksud untuk menyediakan buku rujukan dalam bahasa Indonesia. Karena selama ini, buku rujukan dalam bidang tes bahasa hanya ada dalam bahasa asing saja terutama bahasa Inggris.
Selain buku Tes Bahasa ini, ada buku lain yang membahas tentang tes bahasa juga yaitu buku Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan karangan Prof.Dr. Suharsimi Arikunto. Dalam bukunya Suharsimi juga membahas tentang seluk beluk tes bahasa. Namun perbedaannya, buku Tes Bahasa karangan Prof.Dr.M. Soenardi Djiwandono lebih mudah dipahami daripada buku Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan karangan Prof.Dr. Suharsimi Arikunto. Hal ini karena dalam menjelaskan teori Prof.Dr.M. Soenardi Djiwandono menjelaskan secara gamblang teori tersebut dan pengertian-pengertian teori tersebut. Berbeda dengan Prof.Dr. Suharsimi Arikunto yang banyak memberikan contoh sebelum menjelaskan teori secara gamblang. Akan tetapi, bila ditilik dari segi kelengkapan buku karangan Prof.Dr. Suharsimi Arikunto lengkap dari buku Prof.Dr.M. Soenardi Djiwandono.
Buku ini dibuat sedemikian mungkin agar pembacanya dapat mengerti secara jelas. Terlihat dari pengorganisasiannya, buku ini merujuk pada hal-hal yang lebih mudah hingga ke hal yang sulit. Pembahasan dalam buku ini dibuat serinci mungkin agar pembaca dapat mengerti secara jelas. Penulis sangat cermat dalam memberikan detail-detail isi buku tersebut. Pada bab satu, buku ini membahas tentang evaluasi kemampuan bahasa yang mengetengahkan fungsi tes bahasa dalam penyelenggaraan pembelajaran bahasa pada umumnya. Bab dua, menjelaskan tentang pendekatan bahasa yang menyajikan beberaoa cara memandang dan memahami bahasa yang berbeda-beda sesuai dengan perkembangan ilmu bahasa.
Hal-hal tentang tes bahasa dikupas tuntas dalam bab tiga yang menjelaskan tentang jenis-jenis tes secara umum. Pada bab empat, dibahas pula tentang jenis-jenis tes bahasa secara khusus. Mengenai ciri-ciri tes bahasa yang baik dibahas pada bab enam. Penerapan berbagai pokok bahasan tetang seluk beluk tes dilanjutkan dengan membahas perencanaan dan penyusunan tes pada bab enam. Berbagai skor yang diperoleh dari hasil penyelenggaraan tes tersebut dibahas pada bab tujuh mengenai analisi hasil tes. Pada bab akhir buku ini dijelaskan mengenai interpretasi hasil tes. Untuk memfasilitasi pemahaman pembaca dalam memahami buku ini. maka penulis, membuatkan ringkasan pada setiap akhir bab. Demi mempermudah pembaca memahami buku ini, maka penulis menggunakan kata-kata denotatif dalam penulisan bukunya. Karena buku ini adalah buku ilmiah, maka bahasa dalam buku ini adalah bahasa formal yang baku.
Mengenai masalah teknik, buku karangan  Prof.Dr.M. Soenardi Djiwandono ini tidak memiliki masalah teknik yang berarti. Pemilihan warna dasar pada halaman depan buku ini sangat bagus. Penulis menggunakan warna biru yang melambangkan ketenangan. Jadi, buku ini dapat menarik minat pembaca dari segi warnanya. Namun bila warna biru digunakan secara berlebihan dalam buku ini, maka akan  memberi efek malas pada pembaca.
Kelemahan yang dimiliki oleh buku ini adalah, tidak adanya atau tidak dicantumkannya Taksonomi Bloom. Padahal, Taksonomi Blom sangat diperlukan dalam pembuatan tes. Di dalam Taksonomi Bloom terdapat Kata Kerja Operasional yang akan digunakan untuk pedoman pembuatan tes. Karena sealain adanya KKO Taksonomi Bloom juga digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam mengerjakan soal. Jadi seharusnya Taksonomi Bloom ini dibahas dalam buku ini. Telepas dari kelemahan buku ini, buku ini wajib dimiliki oleh para pengajar bahasa. Karena dengan adanya buku ini dapat membantu para pengajar bahasa untuk membuat tes bahasa  yang berkualitas. Selain itu, buku ini juga dapat menjadi rujukan bagi para mahasiswa yang akan menjadi guru bahasa.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

(SITI LUTFIAH)

Dari segi teknik penulisan sudah sangat baik dengan diksi yang sesuai EYD dan koherensi yang cukup baik.

Dari segi isi, pembahasan yang berbeda mengenai buku tes bahasa dengan pengulasan isi yang terperinci mengenai buku tes bahasa.