Jumat, 30 Desember 2011


Laporan Buku “Keterampilan Dasar Menulis”
Karya Prof. Dr. Suparno, dan Mohamad Yunus, S.S., M.A
Ditulis oleh Anisa Lastari

Berangkat dari tujuan membuat panduan agar mahasiswa dapat memahami dan menerapkan kegiatan tulis-menulis dalam kegiatan sehari-hari guna menunjang profesionalitas dan produktivitas kerja, maka lahirlah buku berjudul “Keterampilan Dasar Menulis” yang ditulis oleh Suparno dan Mohamad Yunus. Buku bersampul hijau ini, diterbitkan oleh Universitas Terbuka, dan telah dicetak sebanyak empat belas kali pada Januari 2007. Adapun halamannya terdiri dari 358 lembar.
Keterampilan Dasar Menulis pada dasarnya adalah kumpulan dari enam modul. Modul 1 berjudul Menulis Penalaran dan Modul 6 Surat Menyurat Dinas ditulis oleh Mohamad Yunus, sedangkan Modul 2 Kalimat Efektif, Modul  3 Karangan, Modul 4 Deskripsi dan Narasi, dan Modul 5 Ekksposisi, Argumentasi, dan Persuasi ditulis oleh Suparno.
Buku ini, karena diperuntukan khususnya bagi mahasiswa S1 PGSD, UNJ, Universitas Terbuka, dibuat benar-benar sebagai buku penunjang mata kuliah Ketrampilan Dasar Menulis. Dalam setiap modulnya terdapat pendahuluan, tujuan pembelajaran, berbagai ilustrasi, contoh, rangkuman, hingga tes-tes formatif, dan tak lupa daftar pustaka sebagai pokok penguat referensi.
Meskipun pada dasarnya buku ini ditujukan kepada mahsiswa S1 PGSD, UNJ, Universitas Terbuka, namun buku ini juga dapat digunakan secara luas sebagai buku pegangan untuk mendalami dasar keterampilan menulis. Dilihat dari teknis penulisan, buku ini bisa dinilai baik, karena ditemukan hampir tidak ada kesalahan cetak di dalamnya. Namun sayangnya penulis tidak mempertahankan kekonsistensian adanya ilustrasi, dalam beberapa modul terdapat ilustrasi sebagai penguat konten materi, dan menambah daya tarik, sedangkan di modul lainnya yang juga ditulis oleh penulis yag sama sangat minim ilustrasi. Dan sayangnya lagi biodata penulis, Prof. Dr. Suparno, dan Mohamad Yunus, S.S., M.A tidak dicantumkan, padahal biodata pengarang dapat menjadi rujukan penilaian oleh pembaca bagi penilaian isi buku.


3 komentar:

yunitalestari mengatakan...

Menurut saya, laporan buku Keterampilan Dasar Menulis yang dibuat oleh penulis sudah baik. Penulis sudah membuatnya sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Namun, seharusnya dalam menampilkannya, penulis terlebih dahulu menampilkan perencanaan (mind map) kemudian menampilkan tulisan. Sistematika yang dibuat sudah baik diawali dengan pendahuluan yang memaparkan identitas buku, isi buku yang terdiri dari 5 modul, dan kesimpulan laporan buku. Teknik penulisan sudah cukup baik, terdapat kohesi dan koherensi diantara kalimat maupun paragraf. Namun, pada paragraf terakhir pada kalimat ketiga penulis tidak membubuhkan tanda baca koma (,) setelah kata “Namun sayangnya”.

Yunita Lestari
2115091881

KEBULAN mengatakan...

Hilda Septiani (2115090050)

laporan buku yang dibuat saudara anisa dikatakan baik, dilihat dari segi sistematika penulisan, teknik penyampaian gagasan, kesesuaian pengembangan dan mind map yang telah dibuat baik. namun seperti halnya tulisan anisa yang lain, beliau kurang berhati-hati dalam melakukan pengetikan dan penggunaan tanda baca yang tidak tepat sehingga patut untuk digaris bawahi untuk lebih teliti supaya pembaca tidak kebingungan. terima kasih.

Anonim mengatakan...

luar biasa