Kamis, 29 Desember 2011

JURNAL ILMIAH, HILDA SEPTIANI


MIND MAP JURNAL ILMIAH



1. ABSTRAK
AYUNINGTYAS KISWANDARI. 2011. Pengaruh Metode Silent Demonstration terhadap Kemampuan Menulis Petunjuk Siswa Kelas IV SD Negeri 11 Ciracas Pagi Jakarta Timur, Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Silent Demonstration terhadap kemampuan menulis petunjuk siswa kelas IV SD Negeri 11 Ciracas Pagi ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 11 Ciracas Pagi Jakarta TImur mulai pada April 2011.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pretes dan posttest dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 11 Ciracas Pagi yang berjumlah 2 kelas. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak untuk mendapatkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Tiap kelas diambil sampel sebanyak 40 siswa yang diperoleh berdasarkan data yang terkumpul dari pretes sampai dengan posttest. Kelas eksperimen merupakan kelas yang menggunakan metode Silent Demonstration, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode guru sehari-hari, yakni ceramah dan Tanya jawab.
Sebelum dianalisis, dilakukan uji persyaratan data sampel yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas dilakukan uji Lilliefors. Dari hasil perhitungan, diperoleh Lkelas eksperimen sebesar 0,0448 dan Luntuk kelas kontrol sebesar 0,0801. Lt yang didapat pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 0,886. Dapat disimpulkan bahwa sampel pada penelitian berdistribusi normal karena Lₒ < Lt. untuk uji homogenitas, digunakan uji Barlett. Dari hasil perhitungan, diperoleh X²hitung sebesar 2,69. Berdasarkan daftar distribusi kuadrat dengan dk=78 pada taraf signifikansi 1-α = 0,95 diperoleh X²tabel sebesar 55,8. Dari hasil tersebut X²hitung 2,69 lebih kecil dibandingkan X²tabel = 55,8. Dapat disimpulkan bahwa sampel memiliiki varians yang homogen.
Selanjutnya, data dianalisis dengan uji-t. berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung sebesar 6,17 pada dk=78 dan taraf signifikansi 0,05 diperoleh ttabel sebesar 1,67. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa hasil penelitian menolak hipotesis nol, hipotesis (H1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Silent Demonstration terhadap kemampuan menulis petunjuk. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui pula bahwa kelas eksperimen mencapai peningkatan rata-rata lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Peningkatan pada kelas eksperimen yaitu 14,88 angka dari nilai rata-rata pretes sebesar 56,58 dan 71,45 pada posttest, sedangkan kenaikan nilai rata-rata pada kelas kontrol hanya mencapai angka 2,49 dari nilai rata-rata pretes sebesar 49,39 dan 51,48 nilai rata-rata posttest.
Metode Silent Demontration dapat dijadikan salah satu metode dalam meningkatkan hasil belajar kemampuan menulis petunjuk. Hal ini disebabkan metode ini dapat melatih siswa untuk menuliskan petunjuk dengan berurut dari demonstrasi yang diperagakan. Oleh karena itu, metode Silent Demontration dapat digunakan guru untuk membantu kegiatan pembelajaran di kelas.
Metode Silent Demontration juga dapat diimplikasikan dalam pembelajaran lain, misalnya menulis paragraph deskripsi, siswa mampu mendapatkan gambaran secara langsung dari pengamatan peragaan demonstrasi yang kemudian dikembangkan ke dalam tulisannya.
Kata kunci:  Silent Demontration, Menulis Petunjuk, Petunjuk.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Rachma Putri Rahayu – 2115091874
Menurut saya, sistematika jurnal yang saudara Hilda tersebut kurang berpijak kepada teori, karena beliau menyebutkan pendahuluan, kerangka berpikir, hasil dan pembahasan dan kesimpulan. Itu lebih kepada sistematika skripsi. Karena menurut Ali Saukah, jurnal (artikel penelitian) sistematiknya pendahuluan, metode, hasil bahasan, simpulan dan saran, daftar rujukan.
Secara konten isi dan sistematika penulisan baik. Pengembangan berpegang kepada mind map. Namun isi abstrak terlalu banyak

KEBULAN mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
KEBULAN mengatakan...

Menurut saya, artikel jurnal ilmiah yang dibuat penulis secara isi sudah baik. Hanya saja secara sistematika kurang tepat. Sistematika artikel jurnal ilmiah terdiri dari abstark, pendahuluan, pembahasan dan kesimpulan serta daftar pustaka. Akan tetapi penulis tidak mencantumkan daftar pustaka. Tetapi, antara mind map dan pengembangannya sudah sesuai.

KEBULAN mengatakan...

Menurut saya, artikel jurnal ilmiah yang dibuat penulis secara isi sudah baik. Hanya saja secara sistematika kurang tepat. Sistematika artikel jurnal ilmiah terdiri dari abstark, pendahuluan, pembahasan dan kesimpulan serta daftar pustaka. Akan tetapi penulis tidak mencantumkan daftar pustaka. Tetapi, antara mind map dan pengembangannya sudah sesuai.

Ratih Sukmaning Tyas 2115091883

KEBULAN mengatakan...

Menurut saya, artikel jurnal ilmiah yang dibuat penulis secara isi sudah baik. Hanya saja secara sistematika kurang tepat. Sistematika artikel jurnal ilmiah terdiri dari abstark, pendahuluan, pembahasan dan kesimpulan serta daftar pustaka. Akan tetapi penulis tidak mencantumkan daftar pustaka. Tetapi, antara mind map dan pengembangannya sudah sesuai.

Ratih Sukmaning Tyas 2115091883