Jumat, 30 Desember 2011

PERBAIKAN TUGAS RESENSI SITI LUTFIAH

1.1 Mind Map Resensi


Tugas Perbaikan Resensi Buku Tes Bahasa Karya Soenardi Djiwandono


Test Bahasa untuk Guru bahasa
Oleh: Siti Lutfiah



Test bahasa adalah salah satu alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap sesuatu yang bersifat abstrak, tidak kasat mata, tidak kongkrit, seperti kemampuan berpikir, kemampuan mengingat, serta 4 kemampuan berbahasa (Soenardi Djiwandono 2008: 15).


Tes bahasa adalah sesuatu yang sangat penting bagi para guru bahasa, ini menjadi acuan bagi Soenardi untuk mengupas masalah tes bahasa secara lebih mendalam dan lebih khusus. Ia menulis buku ini dipicu oleh kesadaran, bahwa hingga dewasa ini belum cukup tersedia pegangan tentang tes bahasa. Padahal tes bahasa merupakan bagian penting dari  pembelajaran bahasa dan termasuk ke dalam kurikulum pembelajaran bahasa. Penulis juga berharap pengetahuan mengenai tes bahasa secara mendalam, dapat membantu tugas para pengajar. Terutama bagi para pengajar bahasa , di berbagai jenjang pendidikan. Dengan adanya buku tes bahasa ini, para pengajar bahasa dimudahkan dalam menyusun, menyelenggara, dan memproses hasil tes.
Para pengajar dituntut untuk dapat profesional. Hal tersebut berlaku pula bagi para pengajar bahasa. Keprofesionalan seorang pengajar pada umumnya dapat dilihat dari penguasaan dan kemahiran mereka dalam bidang kajian yang diajarkannya, serta keterampilan dalam mempersiapkan, meramukan dan menyelenggarakan pembelajaran yang bermutu. Tidak boleh ketinggalan kemahirannya dalam memproses hasil tes. Semua itu, amat perlu dilengkapi dengan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan untuk dapat memberikan penilaian secara adil, akurat, dan bertanggung jawab terhadap tingkat pencapaian para pelajar di bawah tanggung jawabnya.
Maka untuk tercapainya tujuan dan harapan-harapan tersebut dipaparkan dalam buku ini pada bab 1 dan 2, mengenai landasan dan latar belakang penyelenggaraan tes bahasa dan berbagai pendekatan tes bahasa. Pada bab-bab tersebut juga, disajikan beberapa cara memandang dan memahami bahasa secara berbeda-beda. Semuanya disesuaikan dengan perkembangan ilmu bahasa yang menjadi dasar dan latar belakang masing-masing pendekatan, serta tes bahasa yang digunakan. Pada bab 3 dibahas secara rinci mengenai jenis tes secara umum, sebagaimana dikenalkan dan digunakan dalam wacana-wacana yang berkaitan dengan tes pada umumnya.  
Pada bab 4 dibahas lebih khusus mengenai jenis-jenis tes bahasa sedangkan ciri-ciri tes yang baik dibahas pada bab 5 dengan beberapa poin mengenai hakekatnya, jenis dan cara verifikasinya yang dapat diterapkan pada tes berbagai bidang kajian, termasuk tes bahasa. Bab 6 membahas mengenai penyusunan tes bahasa yakni berkaitan dengan penskoran. Pada bab 7 dibahas mengenai analisis hasil tes yang berupa nilai, dan pada bab terkhir yaitu bab 8, dibahas mengenai Interpretasi hasil tes. Dari 8 bab tersebut penulis mengupas berbagai masalah yang ada kaitannya dengan tes bahasa secara lebih mendalam. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan berbagai contoh-contoh dan ulasan yang lebih lengkap termasuk rumus-rumus penghitungan yang sering digunakan untuk mengungkap berbagai aspek dan ciri tes.
Pada konten inilah kiranya bisa dibandingkan antara buku tes bahasa, Soenardi Djiwondono dengan buku humaniora non fiksi sejenis lainnya seperti buku evaluasi pembelajaran karangan Asep Jihad dan Abdul haris, yang terletak berbeda pada konten isi, yakni kekhususan dan kerincian mengenai tes bahasa. Kekhususan buku tes bahasa ini, menjadi alternatif bagi para pengajar maupun calon pengajar bahasa untuk mengelengkapi pengetahuan dalam bidang tes bahasa. Buku  ini juga merupakan pengembangan dari buku “tes bahasa dalam pengajaran” oleh penulis yang sama,  diterbitkan ITB Bandung pada tahun 1996. 
Terdapat banyak keunggulan dari buku tes bahasa hasil revisi ini dengan buku tes bahasa sebelumnya, karena buku tes bahasa hasil revisi ini, memiliki cakupan yang lebih luas tentang tes pada umumnya dan tes bahasa khususnya, sehingga selain dapat digunakan oleh para pengajar bahasa, buku ini juga dapat digunakan oleh pengajar dari bidang ilmu lain. Selain keunggulan-keunggulan yang telah disebutkan sebelumnya, buku ini pun memiliki kekurangan dari segi teknik penulisan seperti : pada kepaduan kalimat dan paragraf yang masih kurang koheren, kemudian pada kota tempat penerbit pun tidak tercantum dalam buku ini. Tapi secara keseluruhan buku ini sangat baik dimiliki oleh semua pengajar terutama pengajar bahasa dilihat dari konten materi.
         




2 komentar:

KEBULAN mengatakan...

resensi buku tes bahasa Siti Lutfiah sudah cukup baik. Mind Map dan pengembangan sudah sama, tidak ada yang berbeda. kalimat yang digunakanpun bervariasi. pada saat menjelaskan perbandingan dengan buku lain, sayangnya dijelaskan dengan sangat singkat sekali, sehingga tidak terlihat perbandingan yang signifikan.

Gesa Nurdiyanti
2115091880/3b

Hety Rahmawati 3B mengatakan...

Pada pendahuluan yang Siti buat, sudah disertai oleh pendapat ahli sehingga tidak diragukan mengenai teori tersebut yang dihubungkan dengan penulisan resensi. Perencanaan yang dibuat sudah sesuai dengan pengembangannya. Keunggulan serta kelemahan dipaparkan dengan cukup baik dan objektif.
Sesuai dengan pendapat Gesa, sangat disayangkan bahwa penulsian resensi ini sangat singkat dan dirasa kurang 'gereget'.