Minggu, 20 November 2011

"RESENSI BUKU TES BAHASA" SITI LUTFIAH (2115091876) 



Test Bahasa untuk Guru bahasa



Tes bahasa adalah salah satu alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap sesuatu yang bersifat abstrak, tidak kasat mata, tidak kongkrit, seperti kemampuan berpikir, kemampuan mengingat, serta kemampuan berbicara atau kemampuan menulis kemampuan-kemampuan bahasa yang lain (Soenardi Djiwono 2008: 15)
Oleh Siti Lutfiah

Tes bahasa adalah sesuatu yang sangat penting bagi para guru bahasa, ini menjadi acuan bagi Soenardi Djiwondono untuk mengupas masalah tes bahasa secara lebih mendalam dan lebih khusus.


Soenardi Djiwono menulis buku ini dipicu oleh kesadaran bahwa hingga dewasa ini belum cukup tersedia pegangan tentang tes bahasa, yang merupakan bagian penting dari  pembelajaran bahasa yang merupakan bagian dari kurikulum pembelajaran bahasa, termasuk pembelajaran bahasa asing, yang kebutuhan dan penyelenggaraan pembelajaran dewasa ini masih luas dan beragam Penulis juga berharap pengetahuan mengenai tes bahasa secara mendalam dapat membantu tugas para pengajar, khususnya pengajar.  

Menyelenggarakan dan memproses hasil tes yang diselenggarakan sebagai bagian tak terpisahkan dari tugas guru. Dalam tugas penyelenggaraan pembelajaran, seorang guru profesional pada umumnya tentu saja diharapkan pertama-tama memiliki penguasaan dan kemahiran dalam bidang kajian yang diajarkannya, serta keterampilan dalam mempersiapkan, meramu dan menyelenggarakan pembelajaran yang bermutu. Semua itu amat perlu dilengkapi dengan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan untuk dapat memberikan penilaian secara adil, akurat, dan bertanggung jawab terhadap tingkat pencapaian para pembelajar di bawah tanggung jawabnya, di samping manfaat-manfaat lain yang dapat diperoleh dari penggunaan tes yang telah dikembangkan, diselenggarakan, dan dikaji hasilnya secara profesional.

Maka untuk tercapainya tujuan dan harapan-harapan tersebut dipaparkan dalam buku ini pada bab 1 dan 2 yang berisi mengenai landasan dan latar belakang penyelenggaraan tes bahasa dan berbagai pendekatan tes bahasa, yang menyajikan beberapa cara memandang dan memahami bahasa yang berbeda-beda, sesuai dengan perkembangan ilmu bahasa yang menjadi dasar dan latar belakang masing-masing pendekatan dalam penyelenggaraan pembelajaran bahasa, dan tes bahasa yang digunakan. Dalam bab 1  juga dijelaskan mengenai evaluasi dari suatu tes bahasa yang terkait dengan berbagai tujuan dan hasil pembelajaran yang ingin dicapai. Pada bab 3 dibahas secara rinci mengenai jenis tes secara umum sebagaimana dikenal dan digunakan dalam wacana tentang tes pada umumnya serta pada bab 4 dibahas lebih khusus mengenai jenis-jenis tes bahasa sedangkan ciri-ciri tes yang baik dibahas pada bab5 dengan beberapa poin mengenai hakekatnya, jenis dan cara verifikasinya yang dapat diterapkan pada tes berbagai bidang kajian, termasuk tes bahasa. Bab 6 membahas mengenai penyusunan tes bahasa yakni berkaitan dengan penskoran. Pada bab 7 dibahas mengenai analisis hasil tes yang berupa nilai dan pada bab terkhir yaitu bab 8, dibahas mengenai Interpretasi hasil tes.

Konten Isi

Kupasan tentang berbagai masalah yang ada kaitannya dengan tes bahasa disajikan secara lebih mendalam oleh Soernadi Djiwondono. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan berbagai contoh-contoh dan ulasan yang lebih lengkap termasuk rumus-rumus penghitungan yang sering digunakan untuk mengungkap berbagai aspek dan ciri tes.



Pada konten inilah kiranya bisa dibandingkan antara buku tes bahasa, Soenardi Djiwondono dengan buku pengayaan pengetahuan IPS dan humaniora non fiksi sejenis lainnya seperti buku evaluasi pembelajaran karangan Asep Jihad dan Abdul haris, yang terletak berbeda pada konten isi, yakni kekhususan dan kerincian mengenai tes bahasa. Kekhususan buku tes bahasa ini, menjadi alternatif bagi para pengajar maupun calon pengajar bahasa untuk mengelengkapi pengetahuan dalam bidang tes bahasa.

Buku TES BAHASA: pegangan bagi pengajar bahasa ini merupakan pengembangan dari buku tes bahasa dalam pengajaran oleh penulis yang sama yang diterbitkan oleh penerbit ITB Bandung pada tahun 1996.  Terdapat banyak keunggulan dari buku tes bahasa hasil revisi ini dengan buku tes bahasa sebelumnya, karena buku tes bahasa hasil revisi ini, memiliki cakupan yang lebih luas tentang tes pada umumnya dan tes bahasa khusunya, sehingga selain dapat digunakan oleh para pengajar bahasa, buku ini juga dapat digunakan oleh pengajar dari bidang ilmu lain. Buku tes bahasa ini pun memiliki kekurangan, yakni dari segi teknik penulisan seperti pada kepaduan kalimat dan paragraf yang masih kurang koheren. Tapi secara keseluruhan buku ini sangat baik dimiliki oleh semua pengajar terutama pengajar bahasa.

MIND MAP




               

                      

1 komentar:

Hety Rahmawati 3B mengatakan...

Situ telah memaparkan resensi tes bahasa dengan baik. Resensi yang dibuat juga sesuai dengan teori Gorys Keraf. Dalam pendahuluan, Siti juga telah menjelaskan disertai dengan sumber data yang akurat. Kelamahan dan keunggulan buku dijeaskan dengan baik, paragrafnya saling berkoherensi.